Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trump Datang, Arab Saudi Borong Persenjataan AS US$100 Miliar

Amerika Serikat hampir menyelesaikan serangkaian kesepakatan senjata untuk Arab Saudi dengan total lebih dari US$100 miliar, kata seorang pejabat senior Gedung Putih pada Jumat (12/5/2017) atau Sabtu (13/5/2017) pagi WIB, seminggu menjelang kunjungan Presiden Donald Trump ke Riyadh.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (tengah), diapit Wakil Presiden Mike Pence (kiri) dan Menteri Keamanan Dalam Negeri John Kelly./Reuters
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (tengah), diapit Wakil Presiden Mike Pence (kiri) dan Menteri Keamanan Dalam Negeri John Kelly./Reuters

Bisnis.com, WASHINGTON - Amerika Serikat hampir menyelesaikan serangkaian kesepakatan senjata untuk Arab Saudi dengan total lebih dari US$100 miliar, kata seorang pejabat senior Gedung Putih pada  Jumat (12/5/2017) atau Sabtu (13/5/2017) pagi WIB, seminggu menjelang kunjungan Presiden Donald Trump ke Riyadh.

Pejabat tersebut, yang berbicara dengan Reuters dengan syarat tidak disebut namanya, mengatakan bahwa paket senjata tersebut bisa melampaui lebih dari US$300 miliar selama satu dekade untuk membantu Arab Saudi meningkatkan kemampuan pertahanannya sambil tetap mempertahankan sekutu militer kualitatif AS, Israel yang juga  tetangganya Arab Saudi.

"Kami berada di tahap akhir dari serangkaian kesepakatan," kata pejabat tersebut. Paket ini dikembangkan bertepatan dengan kunjungan Trump ke Arab Saudi. Trump berangkat ke kerajaan pada  19 Mei, pemberhentian pertama dalam perjalanan internasional perdananya.

Reuters melaporkan pekan lalu bahwa Washington mendorong kontrak penjualan puluhan juta dolar ke Arab Saudi, beberapa yang baru, yang lainnya sudah berada di jalur pipa, menjelang kunjungan Trump.

Amerika Serikat telah menjadi pemasok utama untuk sebagian besar kebutuhan militer Saudi, mulai dari jet tempur F-15 hingga sistem komando dan kontrol yang bernilai puluhan miliar dolar dalam beberapa tahun terakhir. Trump telah bersumpah untuk merangsang ekonomi A.S. dengan meningkatkan pekerjaan manufaktur.

Paket tersebut mencakup senjata dan pemeliharaan dari Amerika, kapal, pertahanan rudal udara dan keamanan maritim, kata pejabat tersebut. "Kita akan melihat komitmen yang sangat substansial ... Dalam banyak hal, ini dimaksudkan untuk membangun kemampuan mereka menghadapi  ancaman yang mereka hadapi."

Pejabat tersebut menambahkan: "Ini baik untuk ekonomi Amerika tapi juga akan baik dalam hal membangun kemampuan yang sesuai dengan tantangan kawasan ini. Israel masih akan mempertahankan keunggulan."

Sementara di Riyadh, pejabat tersebut mengatakan bahwa Trump akan menghadiri tiga acara besar: Serangkaian pertemuan dengan pejabat Saudi, sebuah sesi terpisah dengan para pemimpin Dewan Kerjasama Teluk enam negara dan makan siang dengan para pemimpin Arab dan Muslim, 56 di antaranya telah diundang, untuk membahas memerangi ekstremisme dan menindak pembiayaan gelap.

Trump akan membahas bagaimana melawan ancaman dari militan Islam, perang di Yaman dan ancaman rudal balistik dan pelayaran maritim di Laut Merah, kata pejabat tersebut.

Komandan angkatan laut A.S. telah menuduh Iran membahayakan navigasi internasional dengan "melecehkan" kapal perang yang melewati Selat Hormuz. Negara-negara Teluk Arab optimis tentang Trump yang mereka lihat sebagai pemimpin hawkish yang menentang musuh mereka Iran.

Sebagian besar agenda dengan para pemimpin Teluk akan menjadi perang sipil Suriah di tengah seruan untuk "zona de-eskalasi" di Suriah untuk menyediakan tempat yang aman bagi pengungsi Suriah.

Selain Arab Saudi, perjalanan luar biasa pertama Trump juga akan mencakup kunjungan ke Israel, Vatikan, Brussels untuk pertemuan puncak NATO dan Sisilia untuk pertemuan puncak Kelompok Tujuh (G-7).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper