Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angkutan Lebaran 2017, Pelni Siapkan 540.000 Kursi

Pelni menyediakan tempat duduk 540.000 kursi yang bisa dimanfaatkan masyarakat atau pemudik yang hendak menggunakan moda angkutan kapal laut untuk mudik pada Lebaran tahun ini.
Sejumlah penumpang turun dari Kapal Pelni Bukit Raya Jakarta saat berlabuh di Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, pada masa Lebaran tahun lalu/Antara
Sejumlah penumpang turun dari Kapal Pelni Bukit Raya Jakarta saat berlabuh di Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, pada masa Lebaran tahun lalu/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyediakan tempat duduk hingga sebanyak 540.000 kursi yang bisa dimanfaatkan masyarakat atau pemudik yang hendak menggunakan moda angkutan kapal laut untuk mudik pada Lebaran tahun ini.

Akhmad Sujadi, Manajer PR dan CSR PT Pelni, mengatakan jumlah kursi tersebut terbagi dalam 26 kapal, sama dengan total kapasitas yang tersedia seperti masa angkutan Lebaran 2016.

"Tahun ini kami sediakan 26 kapal untuk melayani masa angkutan Lebaran dengan jumlah kursi yang tersedia mencapai sekitar 540.000, sama seperti tahun lalu," tuturnya kepada Bisnis pada Jumat (12/5/2017).

Pihaknya berharap keberadaan puluhan kapal dengan ratusan ribu tempat duduk tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang hendak melakukan mudik ke kampung halaman, terutama bagi pemudik yang menggunakan jalur darat.

Apalagi, kata dia, pengalaman mudik Lebaran 1437 H atau 2016, melalui jalur darat kemacetan masih menjadi momok bagi pemudik, khususnya pengguna jalur darat di tol Brexit, Brebes Timur.

"Kami menawarkan solusi dan transportasi mudik dengan kapal laut Pelni dengan pelayaran reguler Jakarta-Surabaya pada mudik 1438 H tahun ini," ujarnya.

PT Pelni menawarkan paket mudik berbiaya murah, aman tanpa macet dan menyenangkan dengan kapal laut untuk rute Jakarta-Surabaya.

Menurutnya, kapal reguler dari Jakarta-Surabaya penumpangnya masih sedikit. Penumpang akan bertambah ketika berangkat dari Surabaya, Makassar, dan seterusnya.

“Space kosong ini yang kami tawarkan kepada penumpang di Jabodetabek untuk mudik  dengan kapal laut pada koridor Jakarta-Surabaya,” terang Akhmad.

Tiket mudik Lebaran dengan kapal laut Jakarta-Surabaya kelas ekonomi KM Dorolonda yang akan berangkat Jumat (23/6/2017) pukul 18.00 ditawarkan hanya Rp235.000 dan sudah termasuk makan, dengan lama perjalanan 23 jam.

“Untuk masuk ke pelabuhan, kapal penumpang mendapat prioritas. Bagi warga yang belum mendapatkan tiket bus, kereta api, pesawat dan sewa mobil pribadi bisa mencoba kapal laut dalam mudik lebaran ini bersama keluarga,” ujarnya.

Menurutnya, selain bebas macet, kapal laut Pelni juga menawarkan banyak kelebihan, seperti fasilitas pendingin ruangan sehingga lebih nyaman. Penumpang dapat istirahat santai tidur atau tiduran di atas kasur empuk, bukan tempat duduk seperti kendaraan lain yang duduk berjam-jam.

Penumpang kapal laut juga dapat menikmati hiburan live musik dari salon atau restoran kapal, serta juga terdapat masjid yang dapat digunakan untuk shalat berjamaah hingga 100 orang

"Masyarakat di Pulau Jawa dapat memanfaatkan kapal laut dalam mudik Lebaran tahun 2017 ini, khususnya dari Jakarta-Surabaya PP. Tersedia pula kelas kabin atau kelas kamar di KM Tidar," ujarnya.

Selain itu, nama-nama kapal dari Jakarta-Surabaya, KM Gunung Dempo Jakarta-Surabaya-Jayapura, KM Dobonsolo Jakarta-Surabaya-Jayapura. KM Ciremai Jakarta-Surabaya-Jayapura, KM Tidar Jakarta-Surabaya-Fakfak, KM Umsini Surabaya-Jakarta lanjut sesuai rute.

Pihaknya memperkirakan jumlah penumpang pada tahun ini tidak akan jauh berbeda dengan 2016 lantaran total kapal yang disediakan jumlahnya sama dengan lama masa angkutan lebaran juga sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper