Uji Jaringan, Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik Data Saat Idulfitri

Agne Yasa
Jumat, 19 Mei 2017 | 01:18 WIB
Telkomsel lakukan uji jaringan menjelang Ramadan dan Idulfitri.Bisnis.com-Agne Yasa Damanik
Telkomsel lakukan uji jaringan menjelang Ramadan dan Idulfitri.Bisnis.com-Agne Yasa Damanik
Bagikan

Bisnis.com, MALANG - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memprediksi pertumbuhan trafik hingga 127% ketika Idulfitri 2017 dibandingkan dengan Idulfitri 2016 dan mengantisipasinya dengan melakukan uji jaringan di 99 rute jalur mudik untuk memastikan kualitas jaringan dan layanan.

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan Telkomsel memprediksi terjadi lonjakan trafik komunikasi pada layanan data di daerah jalur mudik dan tujuan wisata jika dibandingkan dengan trafik di hari biasa.

“Persiapan RAFI [Ramadan dan Idulfitri] 2017 akan melayani pertumbuhan trafik, khususnya Internet hingga 127% dibandingkan RAFI 2016. Lonjakan trafik pada layanan data berkisar antara 20% sampai dengan 25% menembus 5809 Tera Byte,” ujar Bob, dalam acara Uji Jaringan Telkomsel Jalur Surabaya-Malang, di Malang, Jawa Timur, pada Kamis (18/5).

Sementara itu, lanjutnya, layanan suara diprediksi mengalami penurunan berkisar antara -3% sampai dengan -6% mencapai 1.37 milliar menit, dan SMS berkisar antara -1% sampai dengan -3% mencapai 720 juta SMS.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel melakukan serangkaian kegiatan optimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan VLR [Visitor Location Register] atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan,” katanya.

Dia menambahkan di sepanjang jalur utama mudik di Pulau Jawa dan Sumatera telah disediakan kelonggaran sebesar 35% - 60%, seperti Jawa Barat sebesar 38%, Jawa Tengah sebesar 48%, dan Jawa Timur sebesar 57%, dan Sumatra Selatan 58%.

“Kenyamanan pelanggan untuk dapat berkomunikasi di mana pun mereka berada selalu menjadi prioritas Telkomsel. Uji coba jaringan menyambut Ramadan dan Lebaran kali ini kami lakukan secara nasional untuk memastikan agar seluruh layanan yang diberikan, khususnya layanan data, berjalan dengan lancar dan memiliki kualitas yang baik,” paparnya.

Selain jalur Surabaya Malang, uji jaringan (Network Drive Test) tahun ini juga dilakukan di jalur mudik dan jalur arus balik meliputi jalur kereta api Jawa lintas Utara dan Selatan, jalur Lintas Jawa (main road) dari Pelabuhan Merak  Banten hingga Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi yang melalui Jalur Utara, jalur Selatan dan jalur tol.

Uji coba juga dilakukan di jalur lintas Sumatra (main road) dari Bakauheni hingga Banda Aceh menempuh jalur lintas Barat, lintas tengah, dan lintas Timur.

Terdapat tujuh kota yang menjadi fokus penguatan jaringan mengingat tempat ini merupakan tujuan kedatangan pemudik selama masa Lebaran, yaitu Medan, Padang, Bandar Lampung, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar. Sedangkan untuk kota keberangkatan, Jakarta, Balikpapan, dan Batam merupakan lokasi yang dipilih.

“Secara total kami menempuh  jarak sejauh  kurang lebih 11.000 km di uji jaringan tahun ini. Di sisi lain dengan telah beroperasinya layanan 4G LTE Telkomsel di hampir 500 ibukota kabupaten dengan sebaran lebih dari 11.000 BTS 4G, kami harap hal ini akan semakin menambah kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di momen spesial Ramadan dan Lebaran,” jelasnya.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan uji jaringan merupakan kegiatan rutin untuk menyiapkan layanan terbaik bagi pelanggan ketika bepergian ketika momen Ramadan dan Idulfitri.

“Ini momen yang sangat bagus untuk menunjukkan pada pelanggan bahwa Telkomsel selalu ada di mana pun mereka berada. Telkomsel selalu mengantisipasi setiap tahun di mana ada dua hari raya yang disiapkan karena ada mobilisasi besar, yaitu RAFI untuk Ramadan Idulfitri, kemudian NARU untuk Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Di sisi lain, sepanjang tahun Telkomsel terus menggelar pembangunan BTS di berbagai daerah di Indonesia yang diharapkan juga akan mendukung primanya jaringan selama masa Ramadan dan Lebaran.

Pada periode Lebaran pelanggan Telkomsel akan dilayani oleh 140.000 BTS di berbagai penjuru negeri, dimana lebih dari 60% diantaranya merupakan BTS broadband (3G dan 4G) yang mampu melayani bandwidth Internet sebesar 1687 Gbps (Giga bit per second).

Direktur Sales Telkomsel Sukardi Silalahi mengatakan Telkomsel juga telah mengidentifikasi sebanyak 838 hotspot atau POI (Point of Interest) yang meliputi bandar udara, terminal bus, stasiun kereta, dermaga, rumah sakit, area padat populasi, pasar tradisional, dan mal, dimana lokasi-lokasi tersebut diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi di masa Ramadhan dan Lebaran.

“Sebanyak 65 titik masuk dalam kategori Digital POI yaitu POI dengan lokasi-lokasi dimana pelanggan mendapatkan layanan produk digital lifestyle, TCASH dan device 2G trade-in dan menjadi prioritas utama dari sisi pengamanan jaringan sehingga pelanggan dapat nyaman mengakses layanan data yang digunakan untuk aplikasi video, musik dan games,” ujarnya.

Dia menambahkan secara khusus pihaknya mengidentifikasi titik-titik yang padat akan keramaian, seperti daerah atau objek wisata, bandara, bahkan titik exit tol. Adapun kapasitas jaringan ditingkatkan di lokasi-lokasi tersebut, untuk menjaga agar customer experience tetap terjaga.

“Telkomsel menyiapkan titik layanan pada 312 jalur mudik dan 526 lokasi wisata. Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel menyiagakan sebanyak 89 unit COMBAT (Compact Mobile Base Station) untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan data,” katanya.

Di sisi pelayanan, Telkomsel menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi POI yang telah teridentifikasi.

Selain itu, terdapat channel pelayanan existing Telkomsel, diantaranya 84 GraPARI Telkomsel Siaga dan 346 GraPARI Mitra Siaga, 487 Mobile GraPARI, 81 unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan 359 Branch Office Mitra Distributor (TDC). Pada saat yang bersamaan, mitra distributor Telkomsel juga turut melalui 3779 Outlet Siaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper