Program Baznas Diklaim Bantu Program Pengentasan Kemiskinan

Oleh: Nurudin Abdullah 19 Mei 2017 | 19:59 WIB
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali akan menghipun dana zakat dari para menteri, dirjen dan badan usaha milik negara untuk disalurkan kepada pihak yang berhak.

Bambang Sudibyo, Ketua Baznas, mengatakan tahun lalu penyerahan zakat oleh para pejabat negara dilaksanakan di Istana Merdeka dengan disaksikan Presiden Joko Widodo berhasil dihimpun dana mencapai Rp2 miliar.

“Kami sudah menyiapkan suratnya untuk segera disampikan ke Sekretaris Negara untuk diagendakan acara penyerahan zakat oleh para meneri disaksikan Presiden Joko Widodo,” katanya, Jumat (19/5/2017).

Menurutnya, ide pengumpulan zakat dari para mentri dan pejabat negara yang dilaksanakan di istana negara itu sesungguhnya datang dari Presiden Jokowi yang akan dilaksankan lagi pada bulan Ramadan 1438 H mendatang.  

Dia menjelaskan potensi penerimaan dana zakat yang dapat dihimpun selama sebulan pada Ramadan sangat besar mencapai sekitar 30%-40% dari total penerimaan Baznas dalam setahun.

Sedangkan target penerimaan Baznas selama setahun ini, 2017, diharapkan dapat mencapai total Rp6 triliun. Adapun realisasi penerimaan zakat selama periode Januari-Mei 2017 mencapai Rp2,3 triliun.

Sementara itu Mohd. Nasir Tajang, Direktur Kordinasi Pendistribusian dan Pendayagunaan Rencana Pengembangan dan Diklat Baznas, mengatakan seluruh dana zakat yang dihimpun langsung disalurkan kepada yang berhak.

Adapun alokasi penyaluran dana zakat tersebut, imbuhnya, untuk sektor ekonomi mencapai 45%, pendidikan 25%, kesehatan 10%, dakwah dan advikasi 10%, serta lingkungan dan sosial 10%.

"Kami optimistis program yang kami jalankan dalam setahun ini dapat mengentaskan sekitar 280.000 mustahik atau 1% dari total populasi warga tidak mampu yang ada di Indonesia," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk penguatan sektor itu Baznas menggelar program sambut Ramadan 1438 H yang menyasar 23.150 mustahik (orang yang menurut ketentuan agama Islam berhak menerima zakat) di berbagai kota di Indonesia.

Adapun 10 program sambut Ramadan ialah Ramadan bareng bahagia bareng, Ramadan bersama suku Badui, Baznas peduli narapidana wanita, Peluncuran buku hutbah zakat, 99 masjid cemerlang, Siaga mudik, Umar bin Khatab, Ramadan bersama lansia, Teras sehat dan Paket Ramadan bahagia.

Editor: Martin Sihombing

Berita Terkini Lainnya