Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perkuat Struktur Pendanaan, Bank Mantap Terbitkan Obligasi Rp2 triliun

PT Bank Mandiri Taspen Pos berencana menerbitkan obligasi senilai Rp2 triliun pada Juni 2017. Aksi itu dilakukan untuk memperkuat struktur pendanaan yang sampai saat ini masih didominasi oleh instrumen deposito.
Ilustrasi./JIBI
Ilustrasi./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Mandiri Taspen Pos berencana menerbitkan obligasi senilai Rp2 triliun pada Juni 2017. Aksi itu dilakukan untuk memperkuat struktur pendanaan yang sampai saat ini masih didominasi oleh instrumen deposito.

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen Pos Direktur Utama Bank Mandiri Taspen Pos (Mantap) Josephus K. Triprakoso mengatakan, perseroan membutuhkan perbaikan struktur pendanaan karena mayoritas dana pihak ketiga (DPK) saat ini dalam bentu deposito.

“Paling dekat, Juni nanti kami akan menerbitkan obligasi senilai Rp2 triliun dalam dua seri dengan tenor tiga tahun dan lima tahun,” ujarnya pada Jumat (19/5).

Dia menuturkan, pihaknya belum bisa melihat dengan penerbitan obligasi pertama perseroan itu akan dapat menekan biaya dana atau cost of fund.

“Kami belum lihat kemungkinan biaya obligasi lebih murah dari deposito karena ratenya belum keluar. Penjamin emisi obligasi kami nanti ada empat yakni, PT Mandiri Sekuritas, PT BCA Sekuritas, PT Bahana Sekuritas, dan PT Danareksa Sekuritas,” tuturnya.

Dia mengatakan, dalam penerbitan obligasi pertama ini, Bank Mantap menggunakan peringkat dari Fitch’s Rating yakni, AA.

“Untuk pemula, peringkat AA saya pikir cukup baik,” ujarnya.

Sebelumnya, Bank Mantap sempat menerbitkan medium terms note (MTN) senilai Rp350 miliar dengan bunga 9,5% dengan tenor 370 hari pada November 2016. Dalam penerbitan MTN itu, perseroan menggunakan peringkat Pefindo A+.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper