Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Bank BJB, Ini Alasannya

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan terus menggenjot kemudahan akses layanan kepada peserta jaminan sosial melalui kerjasama dengan stakeholder.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA— Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan terus menggenjot kemudahan akses layanan kepada peserta jaminan sosial melalui kerjasama dengan stakeholder.

Salah satu kemudahannya adalah dengan menambah jaringan pelayanan dengan mekanisme Service Point Office (SPO) dengan perbankan. Hal tersebut merupakan kerjasama mutualisme antara BPJS Ketenagakerjaan dengan pihak perbankan dalam memberikan layanan kepada peserta dan calon peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pihak BPJS Ketenagakerjaan juga telah menjalin kerjasama dengan sejumlah perbankan untuk perluasan jaringan pelayanan. Guna memperlebar cakupan layanan, BPJS Ketenagakerjaan menjalin kerjasama dengan Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten (Bank BJB).

Kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Bank BJB ini tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, Krishna Syarif dan Direktur Komersial Bank BJB, Suartini,di Kantor cabang khusus jakarta, Jakarta, Senin (22/05).

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, Krishna Syarif mengatakan kerjasama tersebut merupakan wujud nyata dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pekerja yang tersebar di seluruh Indonesia dalam mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kematian (Jkm) sesuai dengan amanah Undang-undang.

“Ini salah untuk memperluas jaringan penyebaran informasi tentang manfaat program BPJS Ketenagakerjaan,dan upaya mempermudah dalam melakukan pendaftaran dan proses pelayanan klaim,” kata Krishna, melalui siaran resmi yang diterima Bisnis, Senin(22/5).

Melalui kerjasama tersebut, BJB akan memberikan pelayanan untuk pekerja ataupun perusahaan yang akan mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu Bank BJB juga melayani pembayaran iuran bulanan peserta, bahkan pelayanan pengambilan klaim JHT.

Sebagai tahap awal implementasi kerjasama jaringan, pelayanan tersebut akan dilakukan pada 3 kantor cabang yaitu Kantor Cabang Khusus Jakarta, Kantor Cabang Suci, dan Kantor Cabang Bogor, kemudian untuk selanjutnya akan menyusul di jaringan seluruh jaringan lainnya dengan total 65 Kantor Cabang

“Kami berkomitmen untuk terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak agar dapat menjalankan optimalisasi pelayanan kepada peserta maupun calon peserta,” pungkas Krishna.

Direktur Komersial Bank BJB, Suartini mengatakan Bank BJB tidak hanya ingin bisa melayani dalam pembayaran saja, namun juga bisa menjaring kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan program pemerintah.

Bank BJB merupakan salah satu bank daerah yang memiliki jaringan yang cukup baik, tidak hanya di wilayah Jawa Barat dan Banten, tapi juga mencakup beberapa kota lainnya di Indonesia, seperti DKI Jakarta, Denpasar, dan beberapa kota lainnya di Sumatera dan Sulawesi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper