Ragam Promosi Blibli.com dan Blanja.com di Bulan Suci

Agne Yasa
Selasa, 23 Mei 2017 | 20:00 WIB
Ilustrasi/dphase.com
Ilustrasi/dphase.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pelaku e-commerce semakin gencar melakukan promosi dan menerapkan strategi khusus menyambut Ramadan, hal ini didorong tingginya permintaan yang terlihat dari peningkatan trafik e-commerce, seperti yang dilakukan Blibli.com dan Blanja.com. 

Data Google mencatat trafik penelusuran secara online meningkat 28% ketika Ramadan, 83% dari penelusuran tersebit dilakukan lewat perangkat mobile. Hal ini juga berkorelasi dengan data Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) yang mencatat peningkatan 30% pada angka pengeluaran selama bulan puasa.

VP Marketing Blibli.com Ayu Fadjar mengatakan pengalaman dari Ramadan 2016 telah terjadi peningkatan trafik tiga kali dari Ramadan 2015 dan dua kali dibandingkan dari hari biasa.  Menurutnya, Ramadan menjadi satu kesempatan e-commerce untuk memanfaatkan momen untuk mendapatkan pelanggan.

“Apalagi dengan adanya mobile, kami merancang marketing activity dan penawaran yang menarik sebelum momen Ramadan, untuk memberi kesempatan mulai mencari yang terbaik untuk Ramadan dan Lebaran,” jelas Ayu di Jakarta, Selasa (23/5).

Dia mengatakan berkaca dari Ramadan sebelumnya, Blibli.com juga terus mendorong produk-produk yang masuk dalam kategori utama karena banyak dicari dan menjadi incaran pelanggan yakni gadget, fesyen, kuliner dan produk kecantikan perempuan.

Selain itu, Ayu mengatakan ketika Ramadan juga ada ketertarikan untuk kategori kendaraan bermotor. Blibli.com menawarkan cicilan 0% untuk pembelian mobil dan motor.

“Kami melakukan berbagai penawaran yang kompetitif dan melihat trennya biasanya pelanggan melakukan pencarian melalui mobile web kemudian transaksi di desktop. Perbandingannya mobile 70% dan desktop 30%,” ujarnya.

Senior Marcom Manager Blibli.com Lani Rahayu mengatakan pihaknya telah melakukan prediksi dan mempersiapkan promosi sejak dua bulan lalu, baik itu dari segi barang dan sistem. Aktivitas promosi sudah dilakukan sejak 10 Mei 2017.

“Kalau tahun lalu peningkatan trafik sampai tiga kali, Ramadan tahun ini targetnya lima kali dari Ramadan 2016,” ujarnya.

Lani mengatakan potensi pelanggan dari luar Pulau Jawa juga terus menunjukkan pertumbuhan signifikan lewat peningkatan trafik. “Secara yoy, lebih dari 30% untuk pertumbuhan trafik mobile di luar Jawa yang memang lebih banyak lewat transaksi mobile.”

Dalam kesempatan yang sama, CEO Blanja.com Aulia Marinto mengatakan momen Ramadan dan Lebaran akan meningkatkan trafik e-commerce. Dia mengungkapkan bahkan sebelum memasuki momen Ramadan, trafik Blanja.com pada Mei 2017 jika dibandingkan Mei 2016 naik 500% hingga 600%.

“Kami cukup senang dengan kenaikan ini dan kami melihat Ramadan menjadi satu momen dimana spending banyak, selain akhir tahun. Buat kami ini menjadi momen maksimal yang harus dimanfaatkan dengan inovasi promosi, baik dengan mitra maupun grup,” ujarnya.

Dia menjelaskan Blanja.com yang merupakan marketplace perusahaan usaha patungan (joint venture) antara PT Telkom Indonesia Tbk. dengan eBay, memiliki strategi khusus untuk menyambut Ramadan dan Idulfitri, diantaranya perubahan tampilan, publikasi yang lebih gencar, memaksimalkan aset grup dan mengangkat eBay untuk produk internasional.

“Kami sangat agresif di Jawa dan luar Jawa dan ingin mendapat user dan insight baru. Bukan hanya mengejar angka sales tapi insight untuk improve ke depan, itu sangat penting. Pada saat akhir tahun, dapat dilihat mana yang harus diperbaiki dan digenjot, ini menjadi insight yang bagus,” katanya.

Country Industry Head, Google Henky Prihatna mengatakan selama Ramadan, masyarakat Indonesia memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan berbagai hal, termasuk berbelanja.

"Agar bisa memaksimalkan momen dengan baik selama Ramadan, pemilik bisnis harus mampu merencanakan dan membuat campaign yang menampilkan bagaimana produk atau layanan mereka dapat membantu konsumen selama Ramadan,” ujarnya.

Dia menambahkan bahkan orang-orang yang biasanya tidak berbelanja online, akan membeli sesuatu dari internet selama bulan Ramadan.

"Bagi para pengiklan, tentunya momen ini sangat penting. Perusahaan juga harus memastikan brand mereka unggul selama periode ini,” katanya.

Berdasarkan perilaku riset Google tentang aktivitas pengguna Youtube dan Google selama Ramadan 2016, masyarakat Indonesia akan memanfaatkan Internet untuk mendapatkan inspirasi, berbelanja produk terbaru, mencari kartu kredit untuk membayar berbagai hal, mencari promo dan diskon, dan merencanakan perjalanan sejak awal. 

Adapun penelusuran yang ebrkaitan denga pakaian melonjak 2,8 kali lipat, alat-alat rumah tangga meningkat 2 kali lipat, dan promosi telepon seluler sebesar 1,8 kali lipat. Selain itu, pada 2016, penelusuran terkait promo kartu kredit meningkat 1,2 kali lipat dan peningkatan kata kunci harga dan promosi sebesar 40%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper