Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berapa Gaji TKI di Korsel? Wow...Capai Ratusan Juta

Bagi Anda yang berminat untuk bekerja di Korea Selatan, ada baiknya untuk mengintip buku yang ditulis oleh M. Aji Surya, Koordinator Fungsi Konsuler KBRI Seoul bersama dua orang rekannya.
M. Aji Surya, Koordinator Fungsi Konsuler KBRI Seoul/Bisnis-dok.pribadi
M. Aji Surya, Koordinator Fungsi Konsuler KBRI Seoul/Bisnis-dok.pribadi

Bisnis.com, JAKARTA — Bagi Anda yang berminat untuk bekerja di Korea Selatan, ada baiknya untuk mengintip buku yang ditulis oleh M. Aji Surya, Koordinator Fungsi Konsuler KBRI Seoul bersama dua orang rekannya.

Buku itu berjudul Kiat Sukses Bekerja di Korea yang ditulis bersama Suray, seorang mahasiswa doktoral yang sedang menempuh pendidikan di Korsel dan Wawan, TKI yang bekerja di Korsel.

Aji Surya menggambarkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Korea Selatan adalah TKI yang paling mujur di dunia.

Selain diatur melalui skema government to government dengan screening yang ketat, mereka adalah para pekerja asing yang sangat dihormati sebagai pendukung pembangunan Negeri Kimchi.

Hak dan kewajiban mereka pun disamakan dengan penduduk lokal. Belum lagi proteksi oleh perwakilan Indonesia dilakukan semaksimal mungkin.

Menurutnya, gaji dasar TKI di Korsel sebesar 1,35 juta won atau kisaran Rp14 juta. Disediakan tempat tinggal plus makan dua kali. Selain itu, terdapat asuransi yang sangat memadai.

Jika mereka rajin lembur, apalagi di hari libur, maka gaji yang diterima bisa Rp25 juta—Rp30 juta per bulan. “Jumlah ini mungkin cukup bersaing dengan take home pay eselon dua di BNP2TKI,” ujarnya melalui keterangannya, Kamis (25/5/2017).

Dalam sebuah survei yang dilakukan KBRI pertengahan tahun lalu, rata-rata TKI di Korsel atau sekitar 58% berpotensi menabung kisaran Rp15 juta. Sehingga, di atas kertas saya bisa bilang bahwa jika mereka bekerja di sana seperti dalam kontrak, umumnya 4 tahun 10 bulan, uang yang dikantongi setidaknya Rp870 juta.

“Itu dengan menghitung setahun 12 kali gajian lho. Padahal senyatanya, ketika pabrik lagi kebanjiran order, tidak jarang mereka mendapatkan tambahan pendapatan sampai tujuh bulan gaji. Kalau sudah begini, maka gaji PNS di Indonesia pun bisa dilibas oleh TKI kita di Korea. Alhamdulillah,” tuturnya.

Masih mengacu data survei, terdapat sebuah kenyataan yang begitu memukau. Sebanyak 92% para bos atau pemilik perusahaan atau dikenal dengan istilah “sajang” di Korea, menyatakan sangat puas terhadap kinerja para TKI.

Hal yang paling disukai adalah karena mereka rajin bekerja (71%). Catatannya, 59% sajang menyatakan TKI kita masih lemah dalam hal bahasa Korea dan itu dikonfirmasi oleh para TKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper