Pemkot Pontianak Besok Operasi Pasar Bawang Putih

Oleh: Yanuarius Viodeogo 29 Mei 2017 | 20:42 WIB
Bawang putih./JIBI

Bisnis.com, PONTIANAK – Pemerintah Kota Pontianak besok Selasa (30/5) bakal menggelar operasi pasar dengan menyalurkan 60 ton bawang putih di sejumlah pasar tradisional di kota ini khususnya pasar Flamboyan supaya harga jual komoditas tersebut mendekati Rp30.00 per Kilogram (Kg).

Kadis Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Pontianak Haryadi S Triwibowo mengatakan, pihaknya akan memulai operasi pasar pada pukul 06.00 Wib hingga selesai atau sampai bawang-bawang tersebut sampai ke tangan konsumen dengan harga eceran tertinggi (HET).

“Operasi pasar ini untuk memenuhi kebutuhan bawang putih dan masyarakat, pengecer dan pemilik toko bisa membeli bawang putih ini dengan patokan harga dari dari Rp32.000 hingga Rp38.000,” kata Haryadi kepada Bisnis, Senin (29/5/2017).

Dia mengatakan, pemkot memfasilitasi sekaligus memonitor peredaran komoditas tersebut sementara penyuplai bawang putih ditunjuk langsung oleh Kementerian Perindustrian dan Perdagangan yakni PT Citra Gemini Mulya dan PT Fajar Mulya Trakindo.

Dengan adanya operasi pasar tersebut, dia berharap pemerintah tidak panik dengan melambungnya lagi harga bawang putih karena pedagang tidak boleh lagi menjual bawang putih dengan harga yang mahal.

“Kami akan sita kalau masih ada pedagang atau pasar yang menjual dengan harga tinggi atau kami langsung cabut izinnya,” ucap dia.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya