Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepala dan Leher Bengkak, 30 Sapi di Kupang Mati Mendadak

Dalam tiga bulan terakhir, dikabarkan, 30 ekor sapi di dusun Binilaka, Desa Oeltua, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur mati mendadak.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, KUPANG - Penyakit yang belum diketahui membuat puluhan sapi di wilayah NTT mati mendadak.

Dalam tiga bulan terakhir, dikabarkan, 30 ekor sapi di dusun Binilaka, Desa Oeltua, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur mati mendadak. Jumlah sapi yang mati tersebut diperkirakan bisa terus ditambah jika tidak ada penanganan segera.

David Fenais, 45, warga Dusun Binilaka, Desa Oeltua, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang di Kupang, Selasa (6/6/2017) mengaku kaget dan kecewa dengan kejadian yang menimpa para peternak di desa ini.

Ia mengatakan rata-rata sapi yang mati nampak terlihat adanya pembengkakan di kepala dan leher.

"Rata-rata terlihat adanya pembengkakan di kepala dan leher sapi baik sapi induk betina, jantan maupun anak sapi dan umumnya sapi-sapi itu hanya sanggup bertahan paling lama satu pekan saja setelah itu mati," katanya.

Dia mengaku telah melaporkan kejadian ini kepada kepala desa agar secepatnya dicarikan jalan keluar, sehingga mencegah bertambahnya jumlah sapi peliharaan warga yang mati.

Apalagi kata dia saat ini masih terdapat sekitar puluhan lagi sapi yang tengah sakit, sehingga apabila tidak cepat ditangani akan merugikan peternak yang ada.

Salah satu tokoh masyarakat di lingkungan itu Yuventus Beribe membenarkan kejadian yang menimpa para peternak di desa itu. Ia meminta aparat sipil negara berkompeten di Kabupaten Kupang untuk segera mengatasi masalah itu pada kesempatan pertama.

"Warga sangat berharap adanya perhatian dan intervensi dari pemerintah kabupaten setempat dengan mendatangi lokasi dan melakukan penyelidikan sebab musababnya lalu melakukan pengobatan," katanya.

Menurut mantan Lurah Penfui Kupang itu, selama ini populasi sapi di daerah ini cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam dan luar NTT.

Dalam setahun terakhir daerah ini telah mengantarpulaukan sapi potong ke Jakarta dan Kalimantan untuk memenuhi stok daging.

Meskipun demikian, semua pihak perlu mengoptimalkan populasi yang ada dengan berbagai stategi dan teknis sehingga tetap berkesinambungan populasinya.

Menurut dia, pengoptimalan populasi sapi yang ada di daerah penting untuk memenuhi defisit daging sapi. Optimalisasi bisa saja dilakukan dengan penggemukan ketimbang pembesaran atau dilepas bebas di padang hingga usia tertentu baru dilepas ke pasar.

Pembesaran, selain dagingnya kurang berkualitas, tingkat perputaran ekonominya pun lambat karena membutuhkan waktu cukup lama untuk memotong sapi.

"Memilih sapi penggemukan lebih tepat ketimbang sapi bibit yang dilepas bebas di padang dengan waktu tertentu baru dipotong," katanya.

Ia menyebut populasi ternak di NTT berdasarkan hasil sensus ternak mencatat sapi perah mencapai 32, kerbau 150 ribu ekor.

Ia mengatakan kabupaten yang memiliki populasi sapi potong lebih dari 100 ribu ekor berturut turut adalah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) 167,8 ribu ekor, Kabupaten Kupang 151,2 ribu ekor dan Kabupaten Belu 111,2 ribu ekor.

Sementara itu sapi perah hanya terdapat di 3 kabupaten, yakni TTS 23 ekor, Belu 5 ekor, dan Kupang 4 ekor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper