Musim Lebaran, Wamen ESDM Cek Kesiapan Pertamina

Oleh: Nadya Kurnia 09 Juni 2017 | 00:53 WIB
Ilustrasi: Petugas mengisi bahan bakar minyak ke truk tangki BBM./Antara-Zabur Karuru

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Wakil Menteri ESDM Archandra Thahar menilai kesiapan PT Pertamina (Persero) dan TBBM Balikpapan dalam rangka persiapan arus mudik dan balik Lebaran 2017 tergolong baik dan memuaskan.

Sore ini (8/6), Archandra meninjau langsung kesiapan Pertamina dalam mengorganisir penyaluran BBM selama Ramadan hingga lebaran, juga mengecek kesiapan terminal BBM (TBBM) untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan permintaan.

"Saya cek bagaimana emergency response system-nya, kesiapan bahan bakar yang diperlukan kalau ada lonjakan. Sejauh ini sudah baik, Pertamina sudah melakukan beberapa simulasi," ujarnya pada Kamis (8/6/2017).

Dia pun berharap apabila skenario yang disimulasikan benar-benar terjadi, Pertamina mampu mengatasi situasi dengan baik. Oleh karena itu, dia juga meminta agar perseroan bekerja sama dengan semua pihak.

Menurutnya, penyaluran BBM tidak hanya tugas Pertamina, namun juga tugas aparat kepolisian serta dinas perhubungan setempat. Semuanya, lanjut dia, saling berkaitan dan sudah seharusnya kerja sama dan komunikasi lintas instansi terjalin dengan baik.

"Untuk Kalimantan, saya anggap persiapannya sudah baik," ujar Archandra.

Sebagai tambahan informasi, PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan menyiapkan pasokan BBM dengan jumlah beberapa kali lipat lebih banyak dari konsumsi pada bulan-bulan normal.

Pertamina juga membentuk satugan tugas yang berfungsi sebagai pemantau dan pengawas penyaluran BBM.

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer