Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran, Penukaran Uang Pun Disiapkan di Perbatasan

Bank Indonesia bersama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) melakukan kegiatan penukaran uang secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah terpencil, terluar dan terdepan pada 16-17 Juni 2017.
Penukaran uang jelang Lebaran/Antara
Penukaran uang jelang Lebaran/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia bersama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) melakukan kegiatan penukaran uang secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah terpencil, terluar dan terdepan pada 16-17 Juni 2017. 

Layanan Penukaran uang ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang rupiah dengan hasil cetak sempurna terutama uang pecahan kecil (UPK) dengan tahun emisi 2016.

Di samping melakukan kegiatan layanan penukaran uang juga akan dilakukan kegiatan sosialisasi mengenai ciri-ciri keaslian uang rupiah (Cikur) dan cara merawat uang rupiah. 

Dengan mengoptimalkan jaringan yang dimiliki Himbara, Bank Indonesia (BI) berkomitmen untuk menyediakan kebutuhan uang masyarakat melalui kegiatan ini.

Kegiatan ini akan menjangkau 1.136 titik lokasi penukaran dari Aceh sampai dengan Papua, dengan rincian PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. sebanyak 528 titik, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. sebanyak 303 titik, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. sebanyak 205 titik, serta PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. sebanyak 100 titik.

Adapun kebutuhan dana untuk kegiatan selama dua hari ini diproyeksikan sebesar Rp150 miliar. Dana tersebut diperhitungkan dalam proyeksi outflow BI selama periode Idulfitri yaitu sebesar Rp167 triliun yang mana realisasi outflow dari 29 Mei sampai dengan 13 Juni 2017 (11 hari kerja) adalah sebesar Rp66,5 triliun atau 39,8% dari total proyeksi.

Persentase terbesar dari penarikan ini adalah pada kegiatan penarikan uang oleh perbankan yaitu sebesar Rp55,9 triliun.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Suhaedi mengatakan bahwa uang yang disediakan ini merupakan uang terbaru atau emisi 2016. 

“Uang yang disediakan adalah uang tahun emisi 2016. Teknisnya bank-bank di daerah, bank-bank Himbara akan ambil dari KPW BI di seluruh provinsi dan kantor kas titipan yang sekarang ada 79 disediakan uang tahun emisi 2016,” ujarnya di Jakarta, Rabu (14/6).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper