Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Listrik Makin Terangi Pelosok Papua

PLN berhasil mengoperasikan listrik desa yang terletak di Kabupaten Mappi, Distrik Nambiomanbapai, Desa Mur, Papua.
Saluran Transmisi listrik/pln.co.id
Saluran Transmisi listrik/pln.co.id

Kabar24.com, JAKARTA-- PLN berhasil mengoperasikan listrik desa yang terletak di Kabupaten Mappi, Distrik Nambiomanbapai, Desa Mur, Papua.

Selain itu, dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mappi berlanjut hingga kerjasama yang dituangkan dalam penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) mengenai kesediaan PLN mendistribusikan listrik di Kepi, ibukota Kabupaten Mappi, dan memasok bahan bakar minyak (BBM).

Desa Mur merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Mappi dengan jumlah kurang lebih 300 kepala keluarga (KK) ini secara resmi terlistriki oleh PLN setelah adanya kerjasama dengan pihak Pemkab Mappi.

Sudah sejak lima tahun masyarakat desa ini belum dapat menikmati listrik dari PLN karena masyarakat menggunakan mesin genset pribadi.

"Sesuai dengan program Papua Terang, PLN tidak henti-hentinya untuk terus melistriki daerah pedalaman-pedalaman yang ada di Tanah Papua, sehingga seluruh masyarakat dapat menikmati listrik," kata Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN Haryanto WS, Rabu (14/6), melalui siaran pers.

Setelah melakukan relokasi mesin dari Desa Bade, Distrik Edare, akhirnya PLN dapat mewujudkan harapan masyarakat untuk menikmati listrik di Desa Mur ini. Pembangkit dengan berbahan bakar solar tersebut memiliki kapasitas daya sebesar 100 kilo Volt Ampere (kVA).

Saat ini, jumlah pelanggan yang sudah tersambung sebanyak 100 pelanggan dengan total pendaftar sebanyak 200 pelanggan dimana potensi penambahan pelangganan di Desa Mur ini bisa mencapai kurang lebih 100 pelanggan.

Hingga saat ini, beban puncak di Desa Mur sebesar 50 kilo Watt (kW) dengan jumlah 100 pelanggan. Meskipun masih 6 jam beroperasi, namun kedepan PLN akan menambah jam nyala menjadi 12 jam.

Selain itu, BBM (solar) yang dibutuhkan dalam satu hari mencapai 120 liter dimana dalam kurun waktu satu bulan, PLN membutuhkan BBM kurang lebih 3.500 liter untuk melistriki Desa Mur. Pasokan BBM tersebut berasal dari Kota Merauke melalui transportasi air.

Sementara itu, kebutuhan BBM di Kepi berkisar 5.000 liter per harinya. Sebelumnya, kelistrikan di ibukota kabupaten ini dikelola penuh oleh Pemkab Mappi. Dalan hal ini, PLN membeli kilo Watt hour (kWh) ke pemda setempat dengan harga Rp 316. Kedepannya, PLN akan mengelola penuh kelistrikan di Kepi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper