Ilustrasi/Antara
Fashion

Begini Memilih Cat Rumah Aman dan Nyaman

Ramdha Mawaddha
Jumat, 16 Juni 2017 - 01:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telah menjadi tradisi khusus menjelang Lebaran, baik renovasi maupun mendekorasi rumah banyak dilakukan masyarakat. Selain karena momen spesial, kehadiran tamu menjadi salah satu alasan rumah harus indah saat Lebaran.

Salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan adalah memperbaiki atau mengganti cat rumah. Selain memberikan suasana baru dalam hunian, cat rumah ini juga menambah elemen dekoratif dalam hunian. Untuk itu diperlukan pertimbangan bagaimana memilih cat yang baik untuk digunakan.

Arsitek Ary Indra mengatakan, esensi cat rumah sebagai elemen dekoratif jangan sampai melupakan fungsinya sebagai pelindung bagi penghuni yang biasanya terdiri dari multi generasi.

"Sisi dekoratifnya justru nomor dua. Yang paling penting adalah proteksi terhadap fisik penghuni rumah. Jadi cat itu harus aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya," katanya dalam temu media Kansa Paint, Kamis (15/6).

Brand Manager Kansai Paint Indonesia Leonardo Batubara mengatakan, Kansa Paint kini menyediakan cat dengan teknologi terbaru yan mengutamakan kualitas dan memberi tingkat keamana tinggi kepada pengguna.  "Selain memberokan kualitas terbaik, juga memberikan rasa aman bagi keluarga," katanya.

Cat Kansai Paint, tambahnya, telah memiliki sertifikat Green label Singapura, sehingga tingkat keamanan untuk keluarga dapat terjamin. "Dengan kualitas tersebut akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi keluarga ketika menggunakan cat Kansai Paint dalam merenovasi rumah saat lebaran ini," jelasnya.

Ary menjelaskan, selain pertimbangan keamanan, sebaiknya memilih cat yang mudah dibersihkan dan tidak menunggalkan bekas di dinding. Pertimbangan ini mengingat penghuni rumah yang biasanya tak pernah lepas dari anak-anak yang sering mencorat-coret dinding.

Untuk pemilihan warna, tambahnya, juga menjadi bagian pentig.  Jika pemilihan warnanya tidak tepat, maka nuansa yang dihasilkan juga tidak bagus.

Namun dalam pemilihan warna, tambahnya, kebanyakan orang Indonesia masih takut bermain warna-warna cerah. Padahal, penggunaan warna justru akan menambah kesan spesial di hari lebaran.

"Lebaran itu saatnya menggunakan warna agar menimbulkan suasana lebi spesial," katanya.

Yang harus diperhatikan, tambahnya, pemilihan warna cat harus melihat keseimbangan warna yang dihasilkan. Seperti yang dikenal, ada dua tipe warna yaitu warna panas dan dingin. "Keduanya harus diseimbangkan, musalnya warna orange yang panas bisa berpadu dengan warna hijau yang dingin," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ramdha Mawaddha
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro