Bank BUMN Gelar Kegiatan Penukaran Uang Serentak di Balikpapan

Oleh: Nadya Kurnia 16 Juni 2017 | 22:51 WIB
Ilustrasi penukaran uang menjelang Lebaran/Antara-Muhammad Adimaja

Kabar24.com, BALIKPAPAN - Bank-bank BUMN yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN menggelar kegiatan penukaran uang baru di sejumlah titik termasuk Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Suharman Tabrani mengatakan penukaran uang ini memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang baru menjelang lebaran.

Selain itu, penukaran uang juga memberikan manfaat tersendiri bagi bank sentral, yaitu mempercepat kembalinya uang-uang yang tak layak edar untuk dimusnahkan.

"Otomatis kami juga akan lebih mudah mengedarkan uang baru. Dalam penukaran uang ini kami siapkan uang emisi baru dan uang emisi lama yang masih bagus cetakannya," ujar Suharman pada Jumat (16/6/2017).

Kegiatan penukaran uang oleh bank-bank negara ini hanya berlangsung mulai hari ini hingga besok. Kendati demikian, dia menjamin bank akan tetap membuka layanan penukaran uang.

Di wilayah kerja Balikpapan sendiri, Suharman mengungkapkan ada sekitar 20 bank dari total 48 bank yang berkomitmen untuk memberikan layanan penukaran uang bagi nasabahnya.

"Sampai dengan saat ini, realisasi penukaran uang seluruh perbankan di kota minyak mencapai Rp563 miliar. Pasokan uang kartal masih banyak dan kami asumsikan masih cukup memenuhi kebutuhan masyarakat," sambungnya.

Seperti yang diketahui, Bank Indonesia Balikpapan merupakan depo kas untuk seluruh perbankan di Kaltimra dan Sulawesi Tengah. Dengan demikian, persediaan kas yang tersimpan pun dihitung berdasarkan kebutuhan pada tiga area tersebut.

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer