Himbara Siapkan 41 Titik Penukaran Uang di Jatim

Oleh: Peni Widarti 16 Juni 2017 | 23:26 WIB
Ilustrasi: Warga menukarkan uang untuk keperluan Lebaran./Bisnis.com-Arif Gunawan

Kabar24.com, SURABAYA - Bank Indonesia dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yakni Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, menyiapkan 41 titik penukaran uang rupiah pecahan kecil menjelang Idulfitri 1438 H yang tersebar di Jawa Timur.

Kepala BI Perwakilan Jatim Difi Ahmad Johansyah menyebut secara nasional Himbara menyiapkan 1.000 titik secara serentak di seluruh Indonesia terutama di wilayah terpencil, terdepan, dan terluar mulai 16-17 Juni 2017.

“Secara nasional modal yang disiapkan oleh Himbara mencapai Rp100 miliar untuk men-support 528 titik penukaran oleh Bank Mandiri, 303 titik penukaran BRI, 205 titik penukaran BNI, dan 10 titik BTN,” jelasnya dalam siaran pers pada Jumat (16/6/2017).

Dia mengatakan, pelayanan penukaran uang pecahan kecil tidak hanya dilakukan di lokasi-lokasi strategis, tetapi juga melayani daerah terdepan dan terluar di Jatim seperti Pulau Kangean dan Madura.

Difi menambahkan selain menyiapkan titik penukaran uang, Himbara mengataan kegiatan sosialisasi ciri-ciri keaslian uang rupiah dan cara merawat uang, termasuk memberi pengetahuan tentang pecahan uang rupiah tahun emisi 2016 (NKRI).

“Bank Indonesia mengimbau kepada masyarakat agar dapat menukarkan uang pecahan kecil di kantor-kantor bank yang memasang spanduk penukaran maupun kegiatan kas keliling perbankan, karena lebih aman dan tidak dipungut biaya,” tambahnya.

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer