Fokus APBNP 2017, Menkeu Belum Rinci Anggaran Program Sosial

Oleh: Rio Sandy Pradana 19 Juni 2017 | 18:43 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati./Bloomberg-Simon Dawson

Kabar24.com, JAKARTA — Kementerian Keuangan belum melakukan penghitungan terkait dengan alokasi dana bantuan pada 2018 karena masih konsentrasi pada pembahasan anggara pendapatan dan belanja negara (APBN) Perubahan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bantuan sosial akan diperkuat seluruh sistem-sistem mengelolaan mulai dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan Beras Sejahtera (Rastra) yang sekarang akan diberikan dalam bentuk kartu, serta kesiapan dari keseluruhan instansi.

"2018 kan masih lama, nanti kita hitung. Kita sedang konsentrasi APBNP juga," kata menteri yang akrab disapa Ani, Senin (19/6/2017).

Ani bersama sejumlah menteri terkait dan Presiden Joko Widodo membicarakan mengenai program-program sosial terutama untuk kelompok miskin dari sisi subsidi agar seluruh persiapan secara logistiknya dilakukan secara baik.

Pihaknya juga melihat outlook dari finalisasi APBN Perubahan terutama dikaitkan dengan perhitungan harga-harga, termasuk minyak yang mempengaruhi kalkulasi subsidi. Di sisi lain, pemerintah juga harus cermat dalam mengelola keuangan hingga semester kedua tahun ini.

"Dalam hal ini bagaimana pengaruhnya terhadap Bulog sebagai instansi yang selama ini melakukan operasi pelaksanaan program Rastra. Dan nanti implikasinya terhadap anggaran akan kita hitung," ujarnya.

Editor: Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer