Momentum Idulfitri, XL Axiata Alami Lonjakan Trafik Data 15%

Oleh: Lavinda 29 Juni 2017 | 11:55 WIB
XL Axiata/xl.co.id

Bisnis.com, JAKARTA—Operator seluler XL Axiata mengalami kenaikan trafik layanan data sebesar 15% pada masa Lebaran 2017 dibandingkan penggunaan data pada hari biasa.

Terhitung pada periode 20-27 Juni 2017, atau H-5 sampai H+2 Lebaran, terjadi kenaikan trafik layanan data 15% dibanding hari normal. Sementara itu, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, kenaikan trafik data tercatat melonjak hingga 218%.

Chief Service Management Officer XL Axiata Yessie D. Yosetya menyebutkan trafik data selama periode H-5 hingga H+2 tercatat total lebih dari 4020 Terabyte, meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa sebesar 3.600 Terabyte.

Dia menyampaikan kenaikan tersebut didorong oleh peningkatan akses ke layanan data oleh pelanggan dibanding hari biasa. Tak hanya itu, penggunaan layanan data yang tinggi juga sebagai dampak positif dari perluasan layanan 4G LTE dan 3G U900 di berbagai daerah di Indonesia.

“Hingga saat ini hampir tidak ada gangguan yang berarti terjadi di jaringan kami untuk semua jenis layanan, baik data, SMS, juga voice, meski terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan,” katanya seperti dikutip dari keterangan tertulis XL Axiata yang diterima Bisnis, Kamis(29/6/2017).

Dijelaskan, mayoritas pelanggan lebih aktif mengakses layanan data untuk media sosial berbagai platform, berkomunikasi dan berkirim pesan, baik dalam format teks, suara, video call, maupun multimedia.

Sebagai gambaaran, trafik akses ke Facebook tertinggi meningkat sekitar 50%, Instagram sekitar 20%, serta YouTube sekitar 17%.

Sementara itu, kenaikan trafik juga terjadi pada akses ke layanan Google seperti Google Map dan aplikasi penunjuk rute jalan dan kepadatan lalu lintas Waze hingga mencapai lebih dari 135%. Kenaikan akses ke kedua layanan tersebut seiring dengan melonjaknya kebutuhan pelanggan atas informasi rute dan kondisi lalu lintas saat menuju kampung halaman dan lokasi-lokasi wisata di luar Jabodetabek.

Editor: Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkini Lainnya