15.000 Wisatawan Banjiri 3 Objek Wisata di Kotabaru

Oleh: Newswire 02 Juli 2017 | 20:36 WIB
Pantai Gedambaan di Kotabaru, Kalimantan Selatan/Antara

Bisnis.com, KOTABARU - Jumlah pengunjung tiga objek wisata di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, hingga H+7 Idulfitri 1438 Hijriah mencapai 15.000 wisatawan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Plt. Disbudpar) Kabupaten Kotabaru, Khairian, mengatakan tiga objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Pantai Gedambaan, Airt Terjun Tumpang Dua, dan Hutan Meranti Putih.

"Realisasi kunjungan tercapai 15.000 wisatawan atau sekitar 150 persen dari yang kami targetkan sebanyak 10.000 kunjungan wisatawan," katanya.

Plt Kadisbudpar menyatakan kunjungan wisatawan ke dua objek wisata di Kotabaru selama liburan Lebaran 2017 rata-rata 1.500 per hari.

Jumlah kunjungan wisatawan tersebut terjadi pada dua objek wisata Pantai Gedambaan atau Sarang Tiung, dan Air Terjun Tumpang Dua.

"Sedangkan kunjungan wisatawan ke objek wisata Hutan Meranti di Sebelimbingan, Pulaulaut Utara, datanya belum masuk ke Disbudpar Kotabaru," lanjutnya.

Objek wisata bernuansa hutan dan kebun binatang tersebut masih dalam kewenangan Badan Lingkungan Hidup Kotabaru.

Selain Pantai Gedambaan, Air Terjun Tumpang Dua, dan Hutan Meranti, objek wisata di Kotabaru yang dipadati pengunjung usai lebaran adalah Pemandian Air Panas di Sigam.

Untuk mendukung terealisasinya kunjungan wisatawan tersebut, pihaknya mengisi kegiatan-kegiatan hiburan, dan atraksi di obyek wisata tersebut.

Tujuannya, adalah mengundang dan meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke "Bumi Saijaan" Kotabaru guna menikmati pesona alam daerah yang terkenal dengan Gunung Bamega-nya.

Selain menyajikan hiburan atraksi dan kegiatan lain, Disbudpar Kotabaru juga menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan, Kepolisian, TNI Angkatan Laut, serta Search and Rescue (SAR) untuk melakukan pengamanan, serta mengantisipasi terjadinya insiden pada pengunjung di pantai.

Dia berharap pengunjung objek wisata di Kotabaru bisa merasa lebih nyaman dan aman selama menikmati liburan di tempat wisata di daerah yang terkenal dengan makanan khasnya, amplang.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer