Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelni Estimasi Penumpang Arus Balik Bertumbuh

PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PELNI mengestimasi jumlah penumpang arus balik lebaran hingga H+15 bakal meningkat. Penumpang diperkirakan bakal memadati kapal dengan tujuan Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.nn
Kapal Pelni/Antara
Kapal Pelni/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PELNI mengestimasi jumlah penumpang arus balik lebaran hingga H+15 bakal meningkat. Penumpang diperkirakan bakal memadati kapal dengan tujuan Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Akhmad Sujadi, Manager PR & CSR PELNI, mengatakan saat ini perseroan masih terus melakukan perhitungan jumlah penumpang. Realisasi jumlah penumpang arus balik dalam periode 26 Juni 2017 hingga hingga 5 Juli 2017 atau H+10 Idulfitri 1438 Hijriah mencapai  161.634 atau turun 23% dibandingan periode yang sama tahun lalu.

"Kami berharap angka minusnya bisa terus turun bahkan bisa positif karena hingga saat ini kapal kami sedang ramai,' ujar Sujadi kepada Bisnis.com, Jumat (7/72017).

Dia mengimbuhkan, pada arus mudik H-1 lebaran atau 24 Juni 2017, jumlah penumpang yang menggunakan kapal PELNI mencapai 281.516 atau meningkat 5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Secara umum, jumlah penumpang arus mudik dan arus balik pada tahun ini diperkirakan turun 2%. Sujadi mengatakan, PELNI tak memungkiri ada peralihan pilihan penumpang ke modal transportasi udara.

Sujadi menjelaskan, beberapa kota yang memiliki infrastruktur dan jadwal penerbangan yang terjangkau cukup menggerus jumlah penumpang PELNI. "Misalnya Jakarta Makassar, tapi di beberapa tempat seperti Batam ke NTT itu masih pakai kapal,' ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper