NASA Unggah Ratusan Video Penerbangan Bersejarah

Demis Rizky Gosta
Minggu, 23 Juli 2017 | 15:25 WIB
Screen Capture Video Uji Coba LLRV dari YouTube
Screen Capture Video Uji Coba LLRV dari YouTube
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Badan antariksa dan penerbangan Amerika Serikat, NASA, pekan lalu mulai mempublikasikan ratusan rekaman video uji coba teknologi penerbangan dari koleksi mereka secara bertahap di YouTube.

Keunggulan NASA dalam hal teknologi pengamatan dan jelajah antariksa tidak usah lagi diperdebatkan. Namun, popularitas upaya NASA mengarungi luar angkasa membuat berbagai prestasi dan teknologi mereka di lapisan terbawah atmosfer bumi sering terlupakan.

 

Padahal, NASA merupakan kependekan dari National Aeronautics and Space Administration. Artinya, kegiatan NASA tidak sebatas jelajah antariksa. Aeronatika atau teknologi penerbangan, juga menjadi wilayah para ilmuwan dan insinyur di organisasi tersebut.

Pekan lalu, divisi riset penerbangan NASA, Armstrong Flight Research Center, mulai menunggah ratusan video dari koleksi mereka di YouTube. Kabarnya, Armstrong Flight Research Center berencana mempublikasikan sekitar 500 rekaman video dalam beberapa bulan ke depan.

Saat ini, sudah ada sekitar 300 video yang ditampilkan di YouTube. Mulai dari rekaman uji coba penerbangan 1950-an sampai rekaman paling baru dari uji coba proyek Dream Chaser.

Beberapa yang mungkin membuat Anda tertarik adalah uji coba kendaraan pendarat di bulan (Lunar Landing Research Vehicle) dari tahun 1960-an, rekaman pengisian bahan bakar pesawat terbang supersonik YF-12 Blackbird di udara dari 1970-an, dan rekaman uji coba pesawat bertenaga roket X-1 yang dilepaskan dari pesawat pembom B-50.

 Jika Anda punya waktu banyak dan tertarik melihat ratusan video lainnya silakan cek di laman YouTube Armstrong Flight Research Center.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper