Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indef: Batas PTKP Sebaiknya Dinaikkan

Indef mengusulkan agar batas PTKP sebaiknya ditingkatkan. Hal ini menyusul rencana pemerintah untuk merevisi threshold atau ambang batas PTKP.
Ilustrasi: Penghindaran pajak/oecd.org
Ilustrasi: Penghindaran pajak/oecd.org

Bisnis.com, JAKARTA - Institute for Development of Economics and Finance (Indef) mengusulkan agar batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) sebaiknya ditingkatkan. Hal ini menyusul rencana pemerintah untuk merevisi threshold atau ambang batas PTKP.

Ekonom Indef Bhima Yudhistira mengatakan jika ambang batas PTKP ditingkatkan hal itu akan berdampak pada multiplier effect untuk penerimaan pajak di sektor lainnya.

“Saya kira soal PTKP ini jalan tengahnya justru harus dinaikkan. Memang dari pajak penghasilan pribadi ada risiko menurun, tapi multiplier effect ke penerimaan pajak lainnya justru meningkat, sebagian pendapatan masyarakat yang sebelumnya untuk membayar pajak justru bisa digunakan untuk konsumsi,” katanya kepada Bisnis pada Minggu (23/7/2017).

Menurutnya, meningkatkan ambang batas PTKP juga akan berdampak pada naiknya daya beli masyarakat.

Bhima menyebutkan penurunan PTKP bisa dilakukan ketika kondisi daya beli masyarakat stabil dan kinerja perekonomian sedang prima, oleh karena itu, dia menilai untuk saat ini momentum penurunan PTKP dirasa belum tepat.

“Momentum perubahan batasan PTKP untuk saat ini dirasa kurang tepat mengingat kondisi perekonomian sedang mengalami kelesuan. Kalau PTKP diturunkan atau disesuaikan dengan UMP tiap daerah tentu dampaknya akan sangat terasa ke masyarakat terutama menengah bawah, daya beli masyarakat yang sudah anjlok makin jatuh,” ujarnya.

Dia menuturkan walaupun tujuan perubahan PTKP dimaksudkan untuk mendorong penerimaan negara dan meningkatkan tax ratio, namun waktu pelaksanaanya pun harus dikaji serius.

“Jangan sampai kebijakan perpajakan justru kontraproduktif terhadap perekonomian dan penerimaan pajak,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper