Platform UC We-Media Catat Konsumsi Konten Tumbuh 50,88%

Agne Yasa
Selasa, 25 Juli 2017 | 22:04 WIB
eluncuran Program We-Media Reward Plan 2.0 dari UC Web pada Maret 2017 lalu/Bisnis
eluncuran Program We-Media Reward Plan 2.0 dari UC Web pada Maret 2017 lalu/Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - UCWeb, perusahaan milik Alibaba Mobile Business Group merilis laporan yang mencatat pertumbuhan sebesar 50,88% terhadap tingkat konsumsi konten yang diciptakan oleh kontributor individual pada platform ini.

UCWeb adalah distributor konten platform. Laporan UC News berjudul Pertumbuhan Kontributor Konten di Indonesia pada Platform UC We-Media.

Donald RU, General Manager UCWeb Indonesia, Alibaba Mobile Business Group mengatakan sebagai perusahaan yang didukung oleh teknologi big data dan berfokus pada distribusi konten, bukan sebagai perusahaan media, pihaknya melihat pentingnya mendistribusikan konten profesional yang sebagian besar diberikan oleh mitra medianya dan juga para kontributor.

"Setelah beberapa bulan mengoperasikan Program UC We-Media, kami menyadari bahwa professional-generated-content (PGC) tidak dapat menggantikan user-generated-content (UGC), tetapi UGC dapat menjadi pelengkap dalam ekosistem konten," katanya melalui rilis kepada Bisnis, Selasa (25/7/2017).

Pihaknya berharap agar lebih banyak orang dapat membagi ide-ide proaktifnya sebagai bagian dari pembelajaran hidup. "Kami juga berharap agar para mitra kami akan mendapatkan keuntungan dari layanan kami dan dapat berkontribusi bersama untuk perkembangan era digital.”

Laporan tersebut menganalisa pergerakan platform mulai Maret hingga Juni 2017 yang juga menemukan total jumlah pengikut pada platform UC We-Media telah mencatat angka pertumbuhan yang konstan pada empat bulan terakhir.

Adapun jumlah pada Juni 2017 lebih tinggi 188,98% dibandingkan dibulan Mei 2017. Meningkatnya konten berkualitas juga telah meningkatkan total pendapatan kontributor sebesar 54,99%.

Laporan tersebut juga menyebutkan 10 penulis We-Media terbaik dalam 5 kategori, termasuk temuan singkat terkait dengan beberapa perwakilan We-Media yang menarik perhatian.

Di samping menjadi kontributor yang produktif secara konsisten, pencipta konten yang mengikuti gaya konten yang mudah dicerna oleh pengguna internet secara konsisten, selalu membahas mengenai topik terhangat, dan menulis dengan sudut pandang yang unik serta mendalam, akan cenderung menjadi kontributor yang menonjol dibandingkan kontributor lainnya.

Jurnalis senior dan juga pendiri Asosiasi Jurnalis Independen (AJI), Satrio Arismunandar tetap berada diposisi teratas selama dua bulan berkat artikelnya.

“Saya sangat senang dapat berkontribusi di platform UC We-Media, sebuah wadah yang menyediakan kesempatan besar bagi siapa saja yang berambisi untuk menulis dan ingin mengasah kemampuannya," katanya.

Menurutnya masyarakat mungkin menyadari bahwa industri konten di Indonesia sangat banyak, bahkan berlimpah. Sayangnya, hal ini tidak dibarengi dengan kualitas dan komitmen untuk menjaga kualitasnya.

"Kita dapat melihat terdapat banyak sekali berita hoax dan informasi yang tidak akurat tersebar, yang saya yakin, terjadi karena kurangnya komitmen untuk terus menjunjung batasan-batasan etik dalam menulis dan menyebarkan informasi. Saya pribadi meminta para kontributor muda untuk terus bekerja dan terus belajar, untuk meningkatkan kualitas karya mereka. Jangan pernah berhenti belajar dan mengira bahwa pekerjaan Anda saat ini sudah sempurna,” jelas Satrio.

Adapun konten olahraga terus menduduki peringkat teratas
Selain artikel dengan analisis mendalam dan menstimulasi pikiran, olahraga juga menduduki peringkat teratas untuk kategori konten diantara pembaca berita UC.

Meningkatnya tren konten seputar kompetisi olahraga global dan lokal memicu keaktifan kontributor dalam menciptakan konten terkait dengan olahraga, mulai dari analisis dan strategi pemain, prediksi hasil, juga gosip seputar pemain.

Oleh karena itu, para kontributor konten olahraga juga mendapat penghasilan lebih banyak sebesar 10% dibandingkan dengan kontributor konten hiburan. Selain itu, banyak kontributor konten olahraga memperoleh sebagian besar pendapatannya pada akhir Mei karena banyak terselenggaranya kompetisi olahraga pada April dan Mei.

Laporan ini mengungkapkan bahwa total artikel yang dihasilkan oleh masing-masing kontributor meningkat sebesar 23,90%.

Di sisi lain, interaksi pembaca secara keseluruhan dengan kontributor pada platform juga meningkat sebesar 187,28%, terutama jumlah "shares" atau bagikan di bulan Mei. Fakta ini menunjukkan bagaimana pembaca saat ini menjadi lebih aktif dalam berinteraksi dengan konten dan tidak takut untuk mengungkapkan pendapat mereka juga ikut bergabung dalam diskusi jika kontennya menarik.

Konsumsi konten yang terus meningkat menandakan bahwa pilihan konten dari pembaca menjadi lebih bervariasi, termasuk konten umum, olahraga, hiburan, dan humor.

Misalnya, Prasetia Pradana, atau yang lebih dikenal dengan Pepekomik, salah satu komikus yang menduduki posisi teratas selama dua bulan berturut-turut karena karya-karyanya yang menghibur.

"UC We-Media adalah platform tepat bagi seniman dan penulis baru untuk menunjukkan keahlian mereka dan membantu penulis untuk terhubung dengan komunitas yang lebih luas," katanya.

Dia menambahkan pembaca juga dapat memberikan feedback kepada kontributor favorit mereka, sehingga para kontributor ini dapat meningkatkan kualitas konten mereka.

"Sebagai pencipta konten, kita diharapkan memiliki kreativitas dan keuletan karena segala sesuatu yang kita ciptakan akan berdampak pada masyarakat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper