Musim Haji, Pertamina Pasok Lebih Avtur ke Bandara Sepinggan

Oleh: Nadya Kurnia 27 Juli 2017 | 21:10 WIB

Bisnis.com, BALIKPAPAN-PT Pertamina MOR VI Kalimantan menyiapkan pasokan avtur sebanyak 2.347 KL untuk Bandara SAMS, meningkat 131% dibanding pasokan normal yang mencapai 1.017 KL.

Penambahan pasokan avtur tersebut untuk mengantisipasi kebutuhan penerbangan pemberangkatan jamaah haji untuk kepergian dan kepulangan.

Tambahan pasokan itu terbagi untuk dua fase, yakni 595 KL untuk fase keberangkatan dan 1.752 KL untuk fase kepulangan jamaah. DPPU Sepinggan akan melayani 13 kloter pada musim haji tahun ini.

"Secara regular, DPPU Sepinggan mengonsumsi 380 KL setiap hari. Dengan adanya penerbangan haji, estimasi konsumsi avtur fase satu mencapai 426 KL per hari, sedang fase dua mencapai 515 KL per hari," jelas Area Manager Communication and Relation Pertamina Kalimantan Alicia Irzanova, Kamis (27/7/2017).

Penambahan pasokan ini juga untuk mengantisipasi perubahan pesawat yang digunakan untuk mengangkut jamaah haji dari Balikpapan yang tahun lalu menggunakan Airbus 330 berkapasitas 315 kursi.

Sedangkan tahun ini, jenis pesawat yang digunakan adalaj Boeing 747 berkapasitas 455 kursi. Penerbangan perdana dijadwalkan berangkat pada 29 Juli mendatang.

"DPPU Sepinggan memiliki 6 unit refueler berkapasitas total 195 KL, terdiri dari tiga unit kapasitas 40 KL dan tiga unit kapasitas 25 KL. Kami memastikan kesiapan armada untuk tepat waktu dalam pengisian ke pesawat." sambungnya.

Saat ini Pertamina DPPU Sepinggan melayani lebih dari 20 maskapai penerbangan (komersial dan non komersial) antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, Sriwijaya, Batik Air, Wings Air, Kalstar Aviation, Tri MG, Hevlift, Nusantara Air Charter, Airborn, TNI AU, Ditjen Hubud, dan lain-lain.

1. Senior Vice President Non Fuel Marketing PT Pertamina B Trikora Putra, didampingi GM MOR VI Yanuar Budi Hartanto mendengar penjelasan petugas DPPU Bandara SAMS untuk persiapan pengisian bahan bakar avtur menjelang keberangkatan perdana jemaah haji embarkasi Balikpapan.

 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer