TKDN di Pertamina Capai 70%

Oleh: Rio Sandy Pradana 01 Agustus 2017 | 18:15 WIB
Direktur Utama PT Pertamina Elia Massa Manik meninjau ruang kontrol tangki penyaluran BBM New Gantry System (NGS) saat berkunjung di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Medan, Sumatra Utara, Jumat (14/7)./ANTARA-Septianda Perdana

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) mengklaim penggunaan tingkat komponen dalam negeri atau TKDN mencapai 70%. Pemakaian itu terutama di sektor hulu di bawah koordinasi Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK Migas).

"Sejauh ini kalau Pertamina sampai 70% penggunaan TKDN," kata Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (1/8/2017).

Pihaknya banyak menggunakan bidang jasa seperti instalasi peralatan untuk melakukan pengeboran hingga work over services yang terus menerus dilakukan guna merawat sumur.

Sementara itu, 30% penggunaan komponen luar negeri, lanjutnya, merupakan produk teknologi tinggi yang belum bisa dipasok dalam negeri. Misalnya, casing khusus hingga alat-alat pengeboran. "Memang kita harus impor 30% kalau di hulu," ujarnya.

Editor: Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer