Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Optimalkan Distribusi BBM ke Aceh Barat

Bisnis.com, ACEH --- PT Pertamina (Persero) mengoptimalkan distribusi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar ke wilayah Aceh Barat dan sekitarnya. Pasokan diperbanyak ke wilayah tersebut karena ada tren lonjakan permintaan.
Truk pengangkut BBM Pertamina bersiap melakukan distribusi./JIBI-Dwi Prasetya
Truk pengangkut BBM Pertamina bersiap melakukan distribusi./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, ACEH --- PT  Pertamina (Persero) mengoptimalkan distribusi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar ke wilayah Aceh Barat dan sekitarnya. Pasokan diperbanyak ke wilayah tersebut karena ada tren lonjakan permintaan.

 Pada Jumat (4/8/2017), ketersediaan solar sudah semakin membaik. BBM bersubsidi ini tersedia dalam jumlah yang memadai. Pada saat bersamaan, pasokan juga terus ditambah melalui mobil tangki dari TBBM Meulaboh. Stok tersedia sesuai dengan kebutuhan normal di daerah ini.

Masyarakat Aceh Barat dan sekitarnya diimbau untuk membeli BBM secukupnya. BBM tersedia dalam jumlah memadai, dan bisa diakses melalui empat SPBU yakni SPBU 14236100 di Jalan Manegrok, SPBU 14236415 di Jalan Nasional, SPBU 14236416 di Jalan Iskandar Muda, dan SPBU 14236480 Jalan Imam Bonjol, Meulaboh.

 Pembelian solar untuk nelayan bisa dilakukan melalui Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN) 18236008, di Jalan Tutut Geumpang, Desa Sawang Teubee 2, dan Agen Premium Minyak Solar (APMS) 15243033 yang berada Gampong Padang Seurahet, Johan Pahlawan.

 Melonjak 8%

 Lonjakan permintaan BBM di Aceh Barat terjadi dalam beberapa saat belakangan. Rata-rata penyaluran solar harian sekarang ini sebanyak 186 kiloliter (kl). Angka ini sudah meningkat 8% dibandingkan rata-rata penyaluran normal yakni sebesar 173 kl.

Bahkan pada 29 Juli lalu, solar disalurkan hingga 280 kl, atau meningkat sekitar 62% dari penyaluran normal harian.

 Lonjakan permintaan ini andil memicu kenaikan permintaan solar di Aceh. Hingga Juli 2017, Pertamina Marketing Region I Branch Aceh telah menyalurkan sebanyak 187.677 kl di wilayah Aceh.

 Bila dibandingkan periode yang sama tahun 2016 yang jumlahnya 160.000 kl, berarti terjadi kenaikan permintaan solar sebesar 17%.

 Mengacu pada Perpres No. 191 Tahun 2014, BBM jenis solar adalah BBM bersubsidi yang peruntukannya hanya untuk Usaha Mikro, Usaha Perikanan, Usaha Pertanian, Transportasi dan Pelayanan Umum yang telah diberikan Rekomendasi oleh SKPD terkait dan juga sesuai dengan aturan yang tercantum dalam Perpres tersebut.

Saat ini Pertamina terus berkoordinasi dengan aparat keamanan dan instansi terkait, baik di Meulaboh maupun Aceh secara umum, untuk memastikan penyaluran solar sesuai dengan peruntukannya.

 Pertamina juga telah menyediakan BBM utk kendaraan diesel seperti Dexlite dan Pertadex di wilayah Aceh sebagai alternatif bahan bakar minyak yang dipersyaratkan sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yodie Hardiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper