Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akses Data Kependudukan : 9 Lembaga Keuangan Gandeng Kemendagri

Sembilan lembaga keuangan menjalin kerjasama dengan Direktorat Jenderal kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri untuk pemanfaatan nomor induk kependudukan, data kependudukan dan KTP elektronik.
Bank UOB Indonesia./Istimewa
Bank UOB Indonesia./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Sembilan lembaga keuangan menjalin kerjasama dengan Direktorat Jenderal kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri untuk pemanfaatan nomor induk kependudukan, data kependudukan dan KTP elektronik.

Kesembilan lembaga jasa keuangan yang menjalin kerjasama itu terdiri dari 2 institusi perbankan yaitu PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia), dan PT Bank Victoria International Tbk. (Bank Victoria).

Adapun, 7 lembaga keuangan lainnya berasal dari lembaga pembiayaan yang terdiri dari PT Indomobil Finance Indonesia, PT Sinarmas Hana Finance, PT Summit Oto Finance, PT Indosurya Inti Finance, PT Shinhan Indo Finance, PT Oto Multiartha, dan PT Lima Ventura.

Presiden Direktur Bank UOB Kevin Lam mengatakan kerjasama dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri dilakukan untuk memastikan akurasi, efisiensi, serta keamanan data nasabah.

“Kerjasama ini merupakan wujud dari komitmen kami untuk terus berupaya meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan nasabah,” kata Kevin, Senin (7/8/2017).

CEO Indomobil Finance Gunawan Effendi menambahkan melalui kerjasama tersebut, perusahaan pembiayaan bisa mendapatkan manfaat berupa kemudahan verifikasi atau validasi kebenaran identitas dari calon debitur.

“Proses verifikasi bisa lebih cepat, dan data calon debitur juga lebih valid,” ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menyatakan kerjasama dengan sejumlah lembaga keuangan dilakukan sebagai tindak lanjut atas nota kesepahaman antara Menteri Dalam Negeri dengan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dilakukan pada 2014 untuk kerjasama pemanfaatan nomor induk kependudukan (NIK), data kependudukan, dan KTP elektronik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper