Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILGUB JABAR 2018 : NasDem Serius Usung Emil Lewat Jalur Parpol Maupun Perorangan

Meski harus melalui jalur perorangan, Partai NasDem akan tetap berkomitmen mendukung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil maju di Pilkada Jawa Barat.
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersepeda meninggalkan kantornya, Jumat (27/9/2013)./JIBI-Rachman
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersepeda meninggalkan kantornya, Jumat (27/9/2013)./JIBI-Rachman

Kabar24.com, JAKARTA -- Meski harus melalui jalur perorangan, Partai NasDem akan tetap berkomitmen mendukung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil maju di Pilkada Jawa Barat.

Menurutnya, hingga kini proses pencalonan pemimpian Jawa Barat masih cair sehingga bisa berubah.

Dengan demikian, ujarnya, berbagai opsi masih terbuka termasuk apakah melalui jalur perseorangan maupun jalur partai politik.

“Sampai sekarang kami melihat paket terbaik adalah Kang Emil sekalipun harus melalui jalur perorangan,” ujarnya, Selasa (8/8/2017).

Hanya saja, NasDem belum menentukan apakah paket itu nantinya menempaktan Emil sebagai calon gubenur atau calon wakil gubernur.

Menurut Jhonny, proses politik di Jawa Barat itu sedang berlangsung atau belum final. Jadi, ujarnya, keputusan PDIP dan Golkar tidak ingin mendukung Ridwan Kamil juga bisa saja berubah.

"Tetapi kami akan mencari paket calon yang terbaik untuk Jawa Barat yang saat ini adalah Kang Emil. Untuk wakilnya akan kita lihat. Akan bekerjasama dengan partai-partai lain untuk memenuhi syarat sebagaimana amanat UU," katanya.

"Kita serahkan terkait dengan jabatannya dia calon gubernur atau wakil kepada calon, kepada Kang Emil sendiri untuk mengambil posisi," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengaku bahwa sebuah hasil kajian lembaga survei menunjukkan sosok yang cocok dia gandeng adalah Deddy Mizwar atau Abdulah Gymnastiar. Deddy Mizwar saat ini masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat.

Lembaga Survei

Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) membagi dua kelompok figur yang cocok mendampingi Ridwan Kamil sebagai calon wakil gubernur Jabar mendatang, yakni Deddy Mizwar atau Abdullah Gymnastiar yang akrab dengan panggilan Aa Gym.

“Hasil survei mencatat, bila saya dipasangkan dengan kedua tokoh itu, maka persentase pemilihnya bisa di atas 60%,” ujarnya.

Survei itu dilakukan secara acak kepada calon pemilih masyarakat Jabar sejak awal Juni 2017.

“Dari hasil survei SMRC itu terlihat ada lompatan tinggi bagi pemilih saya nanti,” kata Kang Emil sapaan akrab walikota Bandung itu.

Namun, Ridwal Kamil tetap membuka peluang kepada partai politik yang berniat serius mengusungnya maju dalam Pilgub Jabar 2018.

“Saat ini minimal tiga dan maksimal lima partai politik serius berkomunikasi dengan saya untuk pilgub nanti. Namun mayoritas mereka mengajukan nama pendamping saya dari kalangan kader internal partainya,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper