Wapres Jusuf Kalla: Pemerintah Keluarkan Kebijakan Turunkan Angka Kemiskinan

Oleh: Irene Agustine 09 Agustus 2017 | 14:06 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution (tengah) dan Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro (kanan) menghadiri pembukaan Indonesia Development Forum, di Jakarta, Rabu (9/8)./ANTARA-Wahyu Putro A

Kabar24.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan pemerintah terus berupaya menurunkan angka kemiskinan dan ketimpangan dengan mengeluarkan berbagai kebijakan.

Saat ini, pemerintah terus menggalakkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kartu Indonesia Pintar (KIP) sampai Kartu Indonesia Sehat (KIS) dalam upaya pemerataan masyarakat.

Selain itu, pemerintah juga menganggarkan subsidi untuk pertanian, beras sejahtera (rastra) sampai program Dana Desa.

"Juga diberikan upah minimum agar masyarakat memperoleh pendapatan yang layak, kita gariskan upah minimum tumbuh sesuai pertumbuhan dan inflasi dan tentu punya keadilan bersama," katanya, saat membuka Indonesia Development Forum, Rabu (9/8/2017).

Kendati banyak usaha terus dilakukan pemerintah, Wapres menilai hal tersebut belum cukup. Meski berangsur-angsur turun, angka kemiskinan harus terus dikurangi dengan komperhensif.

"Secara persentase kita turun selama 7 tahun kita turun 3%. Karena itu maka upaya harus gencar lagi," ujarnya.

Adapun, Wapres menilai perbaikan rasio gini yang terjadi lebih didorong dari faktor konsumsi, bukan dari faktor pendapatan.

"Apabila dari segi pendapatan bisa saja berbeda dari segi konsumsi. Karena itu maka itu perlu usaha keras bagi kita semua untuk tingkatkan produktivitas barulah lebih baik gini rasio pendapatan," jelasnya.

Editor: Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer