Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lampung Bakal Miliki 3 Kawasan Industri

Pembangunan kawasan industri di luar Jawa semakin marak dengan rencana Pemerintah Provinsi Lampung yang tengah mengupayakan percepatan tiga kawasan industri.
Peta Lampung/googlemaps
Peta Lampung/googlemaps

Bisnis.com, JAKARTA—Pembangunan kawasan industri di luar Jawa semakin marak dengan rencana Pemerintah Provinsi Lampung yang tengah mengupayakan percepatan tiga kawasan industri.

Ketiga kawasan industri tersebut adalah Way Pisang, Tanggamus, dan Mesuji.

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengatakan hambatan pengembangan ketiga kawasan industri tersebut terutama berada di sisi pembebasan lahan. Namun, untuk kawasan industri Way Pisang dan Tanggamus proses tersebut akan lebih mudah karena statusnya saat ini telah dimiliki oleh negara, melalui kementerian maupun badan usaha milik negara (BUMN).

“Untuk di Way Pisang, tanahnya sudah milik pemerintah, yaitu Kementerian Kehutanan, sedangkan Tanggamus lahan dimiliki oleh Pertamina. Nah, yang di Mesuji ini yang masih dimiliki oleh masyarakat,” ujarnya seusai pertemuan dengan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Kemenperin, Senin (14/8/2017).

Ridho menjelaskan Pemprov Lampung sedang memproses pelimpahan kepemilikan tanah dari Kementerian Kehutanan. Ada proses administrasi yang harus diselesaikan setelah Kemenhut menyatakan tidak ada masalah lahan tersebut dijadikan kawasan industri.

Untuk kawasan industri Tanggamus, Ridho menuturkan dulunya ada perusahaan swasta yang mendapatkan izin untuk mengembangkan kawasan ini. Namun, hingga masa perizinan habis, proyek ini tidak berjalan. Kawasan industri Tanggamus sendiri merupakan proyek sejak jaman pemerintahan sebelum Presiden Joko Widodo.

“Kemungkinan ada perjanjian antara perusahaan swasta tersebut dengan Pertamina sebagai pemilik lahan karena Pertamina sudah menunjuk anak usaha untuk mengelola kawasan industri Tanggamus. Kami harus cek dulu, semoga tidak ada kendala sehingga bisa dilakukan percepatan karena lahannya sudah milik negara melalu Pertamina,” katanya.

Pembebasan lahan di Mesuji terkendala pada ketiadaan anggaran pembebasan lahan pemerintah provinsi. Itu sebabnya, Pemprov Lampung membuka peluang bagi investor swasta untuk bisa bekerja sama dalam pembiayaan pembebasan lahan dan pengembangan kawasan industri Mesuji.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper