Penyaluran Kredit Bank Bank Mandiri Taspen Pos Manado 74%

Oleh: Puput Ady Sukarno 17 Agustus 2017 | 17:06 WIB
Direktur Utama PT Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap) Josephus K Triprakoso (tengah) bersama Preskom Abdul Rachman (kiri) dan Direktur PT Bursa Efek Indonesia Syamsul Hidayat, di sela pencatatan perdana obligasi, di Jakarta, Rabu (12/7)./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, MANADO -- Realisasi penyaluran kredit PT Bank Mandiri Taspen Pos atau Bank Mantap Cabang Manado hingga saat ini telah mencapai 74% dari target yang dipatok tahun ini sebesar Rp160 miliar.

"Realisasi penyaluran kredit sampai sekarang sudah 74% dari target," tutur A.A. Gede Oka Putra, Kepala Cabang Bank Mantap Manado, usai menghadiri Upacara Peringatan HUT Ke-72 Republik Indonesia di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara, Kamis (17/8/2017).

Oka menyatakan bahwa mayoritas debiturnya tersebut adalah kalangan pensiunan di wilayah Bumi Nyiur Melambai, yang memang sesuai dengan target segmen bidikan perseroan sejak awal tahun.

Selain itu, kata dia, faktor pendukung dari pesatnya penyaluran kredit itu juga lantaran dukungan kinerja dari jajarannya dalam menggenjot realisasi tersebut dilapangan yang memang sangat agresif sehingga pencapaian dapat maksimal.

"Kalau pasar di Sulut memang tergantung perbankan masing-masing ya, tapi memang kinerja jajaran dilapangan sangat agresif. Kalau tidak ya susah," tegasnya.

Bahkan, kata dia, dalam satu hari realisasi penyaluran kredit yang bisa digelontorkan mampu mencapai Rp1 miliar. "Rata-rata bisa Rp1 miliar per hari," ujarnya.

Berkaca dari pencapaian saat ini, pihaknya pun optimistis target penyaluran kredit yang dipatok perseroan kisaran Rp160 miliar akan dapat tercapai dengan sangat baik tahun ini.

Apalagi, kata dia, dalam waktu dekat bakal dibuka lagi kantor kas Bank Mantap di Gorontalo, sehingga semakin meningkatkan penetrasi pasar di lapangan.

"Mudah-mudahan awal September ini ada satu tambahan kantor kas di Gorontalo," ujarnya.

Hal senada disampaikan Raldo Caesar, Operation Manager Bank Mantap Cabang Manado bahwa potensi nasabah pensiunan di Sulawesi Utara cukup menjanjikan sehingga perseroan optimistis bisa memenuhi target.

Pencapaian saat ini yang mencapai kisaran 74% tersebut juga sudah sangat sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan perseroan semenjak membuka kantor cabang di Manado mulai awal tahun ini.

"Raihan ini juga sudah sesuai dengan ekspektasi kami, jadi kami juga sangat optimistis target yang dipasang tahun ini bakal terealisasi dengan sangat baik," ujarnya.

Apalagi, kata dia, bunga yang ditawarkan Bank Mantap juga sangat kompetitif dibanding bank lain, sehingga sangat diminati.

Dia menyebut, bunga kredit untuk pensiunan dipatok 0,8% per bulan atau 10,4% per tahun. Jangka waktu pinjaman atau tenor juga mencapai 15 tahun sejak nasabah memulai usia pensiun.

Saat ini, di Manado, Bank Mantap lebih fokus untuk menyalurkan kredit ke segmen pensiunan. Namun, secara bertahap, anak usaha PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. tersebut juga bakal ekspansi ke segmen usaha kecil.

Untuk diketahui, Bank Mantap mulai merambah segmen pensiunan sejak 2015 setelah Taspen dan PT Pos Indonesia (Persero) masuk sebagai pemegang saham dengan porsi masing-masing 20,2%. Sebelumnya, bank ini bernama Bank Sinar Harapan Bali yang berbasis di Pulau Dewata.

Editor: Martin Sihombing

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer