Harga Batu Bara Membaik, Mandiri Balikpapan Mulai Buka Keran Pembiayaan

Oleh: Nadya Kurnia 21 Agustus 2017 | 17:55 WIB
Seorang calon nasabah Bank Mandiri melihat papan informas/Jibi-Yanuarius Viodeogo

Bisnis.com, BALIKPAPAN--PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Area Balikpapan mulai membuka keran penyaluran kredit untuk sektor pertambangan batu bara, namun perseroan tetap selektif memilih debitur.

Pasca anjloknya harga batu bara dunia yang mengakibatkan menurunnya kinerja industri pertambangan di Kalimantan Timur, perbankan mengerem penyaluran kredit pada sektor tersebut.

Bahkan sebagian bank telah menyetop penyaluran kredit untuk sektor tersebut hingga ke sektor turunannya untuk menghindari resiko penurunan kualitas kredit.

"Kami sudah mulai buka kembali, tapi tetap selektif. Kami buka keran tidak hanya untuk nasabah eksisting, tapi juga untuk nasabah baru yang potensial," ujar Area Head Bank Mandiri Balikpapan Puji Heru Subardi, Senin (21/8/2017).

Kenaikan harga batu bara yang tak signifikan cukup mendorong pertumbuhan bisnis pada sektor industri unggulan Kaltim tersebut. Menurut Puji, pertumbuhan ekonomi yang mulai membaik di benua etam baru dirasakan oleh pelaku usaha besar.

Sedangkan imbas pada usaha skala kecil dan mikro belum begitu merata. Namun, dia tetap optimistis kondisi perekonomian akan stabil himgga akhir tahun nanti.

"Biasanya pada semester dua kan transaksi bisnis mulai meningkat, belanja daerah mulai kencang, kalau kondisi perekonomian bisa stabil sampai akhir tahun, kinerja perbankan juga akan mengikuti," tutupnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer