Peluncuran Gerakan BijakBersosmed Dorong Media Sosial Lebih Baik

Agne Yasa
Sabtu, 26 Agustus 2017 | 21:05 WIB
Ilustrasi Facebook./Bloomberg-Chris Ratcliffe
Ilustrasi Facebook./Bloomberg-Chris Ratcliffe
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA -- Para penggiat media sosial, komunitas, berbagai organisasi serta didukung Indosat Ooredoo meluncurkan gerakan #BijakBersosmed di Auditorium Indosat Ooredoo, Jakarta, Sabtu (26/8/2017).

Gerakan yang merupakan inisiatif dari netizen atau warganet ini bertujuan mendorong dan menjaga penggunaan sosial media Indonesia yang sehat, cerdas, aman,dan bijak.

Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo Ripy Mangkoesoebroto menjelaskan Indosat Ooredoo sebagai perusahaan telekomunikasi digital merasa bangga dapat menjadi bagian dari gerakan publik ini.

"Kami di Indosat Ooredoo mendukung gerakan #BijakBersosmed sebagai sebuah program nyata kampanye publik penggunaan sosial media yang bijak," ujarnya.

Dia menambahkan peluncuran gerakan #BijakBersosmed merupakan awal dari upaya untuk melihat sosial media menjadi tempat menyampaikan informasi yang baik dan benar, melahirkan inovasi baru, bertukar gagasan, dan menghargai perbedaan pendapat dengan cara yang santun.

"Persatuan bangsa balik ke kita, jangan sampai terpecah dengan adanya teknologi justru harusnya bersatu," katanya.

Dia mengatakan kekuatan ada di diri masing-masing dan jika dimulai dari diri sendiri ditularkan ke lingkungan sebagai pionir maka akan mungkin.

"Tularkan di luar sana mari bijak bersosmed," ujarnya.

Koordinator Gerakan #BijakBersosmed Enda Nasution mengatakan gerakan ini lahir dari keprihatinan para pegiat sosial media.

Dia mengatakan sosial mesia telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Di sisi lain, kekuatan sosial media saat ini dimanfaatkan oleh sebagian kelompok untuk memproduksi konten-konten yang dapat memecah belah persatuan, ujaran-ujaran yang tak bertanggung jawab, bahkan digunakan sebagai ladanh profit bagi para produsen hoaks.

"Sosial media harusnya menjadi tempat menyenangkan belakangan jadi melelahkan. Gerakan BijakBersosmed lahir dari keprihatinan itu dan mendorong masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan sosial media dan menyebarkan pesan positif," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, para penggiat sosial media dan komunitas yang ahdir juga memberikan saran untuk kegiatan BijakBersosmed di masa depan, rwncana sosialisasi dan kegiatan pertemuan di berbagai kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper