Gerakan Perlawanan Ujaran Kebencian di Media Sosial Bangkit, Anda Setuju?

Martin Sihombing
Minggu, 27 Agustus 2017 | 20:23 WIB
Proklamasi media sosial/dokumentasi
Proklamasi media sosial/dokumentasi
Bagikan

Bisnis.com, JEPARA -  "Lawan ujaran kebencian di media sosial,"  Demikian Ganjar Pranowo, yang juga Gubernur Jateng,  dala memnyerukan maraknya ujaran kebencian via media sosial.

Ganjar Pranowo  mengungkapkan ujaran kebencian yang marak di berbagai media sosial  merupakan salah satu ancaman terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Karena mereka ada di media sosial, maka harus dilawan. Kita tunjukkan kepada publik  itu keliru, 'ngawur' dan harus kita lawan," kata Ganjar di sela kegiatan Pesta Rakyat dalam rangka Hari Jadi Ke-72 Provinsi Jawa Tengah yang dipusatkan di Kabupaten Jepara, Minggu (27/8/2017).

Menurut Ganjar, jika konten ujaran kebencian yang dipublikasikan di media sosial itu tidak dikonfirmasi secara cermat,  sangat mungkin netizen akan terhasut dan terjebak di dalam permusuhan.

"Khususnya para generasi muda, berani melawan berbagai ujaran kebencian yang dibacanya melalui media sosial," tuturnya.

"Ternyata ada lho yang jualan radikalisme dan terorisme secara 'online', bahkan ujaran kebencian itu dijual dengan harga sampai ratusan juta Rupiah," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Ganjar menjelaskan, Indonesia adalah bangsa yang kaya karena keragaman suku, ras, dan budaya sehingga meskipun masyarakatnya berbeda-beda, namun dapat hidup rukun berdampingan.

"Ada ribuan suku di Indonesia tapi damai karena kita punya Pancasila, kita implementasikan sehari-hari, kita mengakui bahwa kita berke-Tuhanan Yang Maha Esa, ada rasa saling menghormati antarsesama," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper