Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGENTASAN KEMISKINAN: Sinergi Lembaga Wakaf dan Zakat Diperlukan

Sinergi lembaga zakat dan wakaf dianggap bisa mempercepat proses pengentasan kemiskinan. Pasalnya, kedua jenis lembaga tersebut memliki pengaruh dan aset yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal.
Zakat/Istimewa
Zakat/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Sinergi lembaga zakat dan wakaf dianggap bisa mempercepat proses pengentasan kemiskinan. Pasalnya, kedua jenis lembaga tersebut memliki pengaruh dan aset yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal.

Wakil Ketua Badan Wakaf Indonesia Nadratuzzaman dalam kesempatakan pekan lalu mengatakan lembaga zakat bisa memberdayakan masyarakat miskin dengan mengacu pada nila-nilai lokal yang sesuai seperti pada sektor peternakan dan pertanian.

“Sedangkan lembaga wakaf bisa meningkatkan dukungan terhadap masyarakat tersebut dengan menyediakan akses pemasaran, akses modal, dan pengembangan produk serta inovasi,” kata Nadratuzzaman belum lama ini.

Lembaga wakaf produktif di Indonesia, kata dia, telah dikembangkan melalui berbagai bentuk, seperti properti, lahan pertanian/perkebunan, pertanian, transportasi, makanan dan minuman, serta wakaf uang. Pengembangan wakaf di Indonesia masih mengalami kendala, salah satunya terkait proses sertifikasi tanah wakaf.

Adapun dalam sebuah seminar di Yogyakarta belum lama ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga menganggap peran zakat dan wakaf untuk mengikis ketipampangan perlu ditingkatkan.

Pasalnya menurut Baznas potensi zakat di indonesia sekitar Rp217 triliun atau setara dengan US$18 miliar per tahun. Jumlah itu sebenarnya cukup besar atau lebih dari 10% anggaran pemerintah dalam setahun. Namun, dari jumlah tersebut kurang dari 2% yang terkumpul secara resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper