Bulog Sumbar Targetkan Penyaluran Rastra 100% Jelang Iduladha

Oleh: Heri Faisal 30 Agustus 2017 | 08:31 WIB
Bulog Sumbar Targetkan Penyaluran Rastra 100% Jelang Iduladha
Ilustrasi: Pekerja membongkar muat beras sejahtera (rastra)./Antara-Irwansyah Putra

Kabar24.com, PADANG - Perum Bulog Divre Sumatra Barat menargetkan penyaluran beras untuk masyarakat prasejahtera (rastra) atau raskin tuntas 100% menjelang Iduladha guna meringankan beban masyarakat.

Benhur Ngkaimi, Kepala Bulog Divre Sumbar menyebutkan saat ini rerata penyaluran rastra di wilayah Sumbar sudah mencapai 96%, dan ditargetkan tuntas 100% dalam sepekan ke depan.

“Sekarang rata-rata sudah 96%, Dalam 2 pekan ini diharapkan tuntas semua,” ujarnya.

Menurutnya, untuk penyaluran hingga September sebagian daerah sudah mencapai 100%, namun masih ada beberapa yang penyalurannya masih sekitar 90%.

Adapun, alokasi rastra Sumbar per September tahun ini mencapai 39.800 ton untuk 220.991 keluarga kelompok penerima manfaat (KPM). Dari alokasi itu, sebanyak 38.100 ton sudah disalurkan.

Sementara itu, untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai, rastra yang disalurkan baru hingga jatah sampai Juni 2017.

“Untuk Mentawai kami drop langsung hingga Desember. Jadi targetnya sama, September ini selesai untuk kebutuhan hingga Desember,” katanya.

Dia menilai penting mamastikan penyaluran rastra tepat waktu, agar masyarakat bisa mengalihkan pendapatannya untuk membiayai kebutuhan lainnya dan ditabung, sehingga pengeluaran menjadi berkurang.

 

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya