Kalbar Komitmen Perkuat Data Perizinan Perkebunan Kelapa Sawit

Oleh: Yanuarius Viodeogo 01 September 2017 | 08:48 WIB
Buah kelapa sawit/Antara

Bisnis.com, PONTIANAK – Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMTSP) Kalimantan Barat (Kalbar) mempunya data base terkait luas izin lokasi beserta peta izin perkebunan kelapa sawit yang telah diberikan oleh kepala daerah kabupaten dan kota.

Kepala Dinas PMTSP Syawal Bondoreso mengatakan, data-data itu bisa menyangkut luas lahan yang telah dibebaskan, lahan yang telah ditanami dan lainnya agar tidak terjadi tumpang tindih lahan dengan perusahaan lain dan memudahkan pemberian rekomendasi bibit sesuai kebutuhan riil perusahaan.

“Perlu pembagian tugas penghimpunan data, bagi perusahaan yang perizinan penanaman modalnya diterbitkan oleh provinsi dan BKPM menjadi tugas Pemprov,” kata Syawal dari keterangan pers, Kamis (31//8/2017).

Komitmen itu disampaikannya saat digelar Focus Group Discussion (FGD) bertemakan Peluang Investasi Sektor Perkebunan di Pontianak.

Pembahasan lain pada FGD tersebut, terkait perusahaan yang perizinan diterbitkan kabupaten atau kota menjadi tugas pemerintah kabupaten ataupemerintah kota untuk memantau perkembangannya.

Di lain sisi, pihaknya mendorong pula pemerintah kabupaten dan pmerintah kota memacu masuknya investasi ke daerah dengan mempromosikan peluang investasi dan pelayanan terbaik bagi investor.

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya