Kemenhub Kembali Luncurkan Kapal Perintis

Oleh: Mia Chitra Dinisari 05 September 2017 | 09:43 WIB
Peluncuran Kapal perintis/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalju Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kembali meluncurkan Kapal perintis tipe 1.200 GT (Paket S) di Bangka kemarin.

Peluncuran ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kontrak pembangunan kapal pada 2 November 2015.

Dalam sambutan Plt. Dirjen Perhubungan Laut yang diwakili oleh Kasubdit Angkutan Laut Luar Negeri, Direktorat Lalulintas dan Angkutan Laut, Een Nuraini Saidah menyebutkan bahwa Pemerintah terus berupaya meningkatkan pengembangan sarana dan prasarana transportasi laut.

"Ini sebagai wujud nyata pemerintah dalam memperlancar arus penumpang, barang, dan jasa di seluruh penjuru Tanah Air," ujar Plt Dirjen Hubla, Bay M Hasani dalam sambutannya seperti dikutip dari siaran persnya.

Bay mengatakan Kapal perintis,merupakan salah satu bentuk nyata dimana sejak tahun 2015-2017 Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah membangun 100 unit kapal perintis.

"Alhamdulillah kita sama-sama menyaksikan peluncuran kapal perintis tipe 1.200 GT dengan lancar," kata Bay.

Plt. Dirjen juga memberikan apresiasi kepada PT. Pahala Harapan Lestari yang telag membangun kapal tersebut dengan tepat waktu.

"Pemerintah juga memberikan apresiasinya kepada PT.Pahala Harapan Lestari karena pembangunan kapal berjalan lancar dan tepat waktu," kata Bay.

Adapun Kapal ini diberi nama KM Sabuk Nusantara 110 yang akan ditempatkan di perairan yang melewati ketinggian di atas rata-rata dua meter yang kebanyakan berada di wilayah Samudera Hindia dan Indonesia bagian Tengah dan Timur.

Dengan semakin bertambahnya kapal perintis diharapkan dapat menunjang kelancaran program tol laut yang bertujuan untuk meningkatkan penurunan disparitas harga di Indonesia timur.

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer