BI Kalbar Bantu Mesin Gas & Penyulingan Air bagi MMC

Oleh: Yanuarius Viodeogo 18 September 2017 | 15:53 WIB
Kawasan Konservasi Mangrove/Indonesia Travel

Bisnis.com, PONTIANAK – Bank Indonesia memberikan bantuan dalam Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) 2017 kepada Mempawah Mangrove Conservation dalam meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir Desa Pasir, Kabupaten Mempawah untuk mengembangkan ekowisata dengan menerapkan konsep konservasi. 

Deputi Kepala Kantor BI Kalbar Adhinanto Cahyono mengatakan, bantuan yang diberikan seperti fasilitas penyulingan air bersih, gapura wiasta, mesin bensin gas (ben gas) 8 unit. 

“Mempawah Mangrove Park (MMP) saat ini memperlihatkan keseriusannya dalam mengelola dan PSBI 2016 dan MMP telah memberikan banyak manfaat kepada masyarakat sekitar maka kami menyalurkan kembali dana PSBI 2017,” kata Adhinanto dari rilis diterima Bisnis, Senin (18/9/2017).  

Setelah setahun BI membantu MMP, menurutnya, sekarang banyak manfaat dalam pengembangan ekowisata berkonsep edukasi di lokasi tersebut. 

Bahkan, lanjut Adhinanto, Pemkab Mempawah memberikan restu serta izin untuk membangun kawasan hutan mangrove karena memberikan dampak luas sekitar area tersebut. 

Ketua MMC Raja Fajar mengutarakan, bantuan dari BI sangat membantu keperluan masyarakat sekitar seperti penggunaan mesin gas bagi para nelayan. 

“Mesin Ben Gas itu diberikan kepada nelayan, berguna untuk mereka membawa wisatawan ke Pulau Penibung. Manfaatnya jadi lebih hemat, mengurangi polusi dan tentu ramah lingkungan,” tuturnya.  

Sementara, untuk penyulingan air bersih, kata dia, masih dalam tahap proses pengerjaan dan khusus bisa dinikmati untuk sekitar wilayah MMP. Penyulingan air dibutuhkan karena untuk menetralkan air asin laut menjadi layak konsumsi. 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya