Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Kalbar Bantu Mesin Gas & Penyulingan Air bagi MMC

Bank Indonesia memberikan bantuan dalam Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) 2017 kepada Mempawah Mangrove Conservation dalam meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir Desa Pasir, Kabupaten Mempawah untuk mengembangkan ekowisata dengan menerapkan konsep konservasi.
Kawasan Konservasi Mangrove/Indonesia Travel
Kawasan Konservasi Mangrove/Indonesia Travel

Bisnis.com, PONTIANAK – Bank Indonesia memberikan bantuan dalam Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) 2017 kepada Mempawah Mangrove Conservation dalam meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir Desa Pasir, Kabupaten Mempawah untuk mengembangkan ekowisata dengan menerapkan konsep konservasi. 

Deputi Kepala Kantor BI Kalbar Adhinanto Cahyono mengatakan, bantuan yang diberikan seperti fasilitas penyulingan air bersih, gapura wiasta, mesin bensin gas (ben gas) 8 unit. 

“Mempawah Mangrove Park (MMP) saat ini memperlihatkan keseriusannya dalam mengelola dan PSBI 2016 dan MMP telah memberikan banyak manfaat kepada masyarakat sekitar maka kami menyalurkan kembali dana PSBI 2017,” kata Adhinanto dari rilis diterima Bisnis, Senin (18/9/2017).  

Setelah setahun BI membantu MMP, menurutnya, sekarang banyak manfaat dalam pengembangan ekowisata berkonsep edukasi di lokasi tersebut. 

Bahkan, lanjut Adhinanto, Pemkab Mempawah memberikan restu serta izin untuk membangun kawasan hutan mangrove karena memberikan dampak luas sekitar area tersebut. 

Ketua MMC Raja Fajar mengutarakan, bantuan dari BI sangat membantu keperluan masyarakat sekitar seperti penggunaan mesin gas bagi para nelayan. 

“Mesin Ben Gas itu diberikan kepada nelayan, berguna untuk mereka membawa wisatawan ke Pulau Penibung. Manfaatnya jadi lebih hemat, mengurangi polusi dan tentu ramah lingkungan,” tuturnya.  

Sementara, untuk penyulingan air bersih, kata dia, masih dalam tahap proses pengerjaan dan khusus bisa dinikmati untuk sekitar wilayah MMP. Penyulingan air dibutuhkan karena untuk menetralkan air asin laut menjadi layak konsumsi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper