Penajam Yakin Pertanian Serap Banyak Tenaga Kerja

Oleh: Nadya Kurnia 19 September 2017 | 00:26 WIB
Penajam Yakin Pertanian Serap Banyak Tenaga Kerja
Ilustrasi: Seorang petani melaksanakan ibadah solat di persawahan/Antara-Irwansyah Putra

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, optimistis sektor pertanian di daerah tersebut akan berkembang pesat, sehingga mampu menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang tak terbatas.

Optimisme itu dilandasi oleh tumbuhnya produksi pertanian dan sumber daya manusia di sektor pertanian dari tahun ke tahun. Apalagi, teknologi pertanian juga terus berkembang.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PPU Joko Dwi mengatakan program swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah pusat akan tercapai, dengan komoditas padi sebagai prioritas.

"Lowongan kerja yang luas adalah pertanian, perkebunan, dan holtikultura. Anak muda Kaltim tidak perlu jauh-jauh ke kota untuk bekerja, karena di daerahnya sudah ada sektor industri yang menjanjikan," ujarnya pada Senin (18/9/2017).

Pemkab PPU pun tengah menambah SDM di sektor pertanian dengan merencanakan pembentukan ikatan sarjana pertanian ataupun peternakan. Saat ini, telah terkumpul 25 sarjana pertanian.

Tak hanya lulusan sarjana, pemkab juga merangkul lulusan SMK jurusan peternakan ataupun pertanian untuk mengoptimalkan kinerja pertanian agrobisnis dan produksi padi.

"Dipastikan penyerapan tenaga kerja nantinya tidak akan sulit. Sekarang Penajam punya 487 kelompok tani, satu kelompoknya beranggotakan 15-20 orang," sambung Joko.

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya