Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jambore Peternakan Nasional 2017: Presiden Akan Temu Wicara dengan Peternak

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan hadir pada puncak kegiatan Jambore Peternakan Nasional yang diselenggarakan pada 22-24 September 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur. Kehadiran presiden untuk melakukan temu wicara dengan peternak dan pelaku usaha peternakan.
Peternak menggiring sapi dagangannya di Pasar Hewan, Ngawi, Jawa Timur, Rabu (9/8)./ANTARA-Ari Bowo Sucipto
Peternak menggiring sapi dagangannya di Pasar Hewan, Ngawi, Jawa Timur, Rabu (9/8)./ANTARA-Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi)  dijadwalkan akan hadir pada puncak kegiatan Jambore Peternakan Nasional yang diselenggarakan pada 22-24 September 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur. Kehadiran presiden untuk melakukan temu wicara dengan peternak dan pelaku usaha peternakan.

Kegiatan yang diinisiasi oleh para peternak dalam Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) itu, akan dihadiri 700 pelaku usaha peternakan. Selain itu, peserta datang dari kementerian/lembaga pemerintahan terkait, pemerintah daerah, dan perbankan.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita menyampaikan, kegiatan ini menjadi wadah pelaku usaha peternakan melakukan konsolidasi guna mendukung program pembangunan peternakan dan kesehatan hewan.

"Acara ini menjadi momentum kebangkitan sekaligus penyadaran bahwa peningkatan produksi dan skala usaha komoditas domba dan kambing perlu mendapat perhatian serius, sehingga bisa menjadi alternatif prioritas utama sumber protein hewani," tuturnya dalam keterangan resmi, Kamis (21/9/2017).

Diarmita mendorong agar peternak dapat membentuk korporasi peternak sehingga skala usahanya ekonomis. "Dengan bertambahnya usaha peternakan berskala komersil, kita berharap mimpi Indonesia menjadi lumbung pangan Asia pada 2045 dapat tercapai," imbuhnya.

Rangkaian kegiatan Jambore Peternakan Nasional 2017 di antaranya, rapat kerja nasional peternak kambing domba dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Ada pula eksibisi ternak oleh peternak sapi, ayam lokal, itik, dan kelinci.

Akan ada ekspo dan pameran peternakan yang menghadirkan industri pengolahan hasil peternakan, industri obat hewan, industri pakan, perbankan, asuransi.

Selain itu, diselenggarakan kontes ternak domba dan kambing, seni ketangkasan domba garut. Industri kerajinan hasil peternakan juga akan ditampilkan dan festival kuliner. Lebih meriah, akan ada pemecahan rekor Muri yakni makan bersama 100 ekor kambing guling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper