Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hati-hati, Berteman dan Berbagi Data di Media Sosial Bisa Berakhir Seperti Ini!

Penggunaan media sosial hampir menjadi kebutuhan yang tak bisa dilepaskan netizen saat ini. Warganet aktif mulai dari sekadar mencurahkan perasaan, berbagi foto dan video hingga bersilaturahmi dengan teman lama juga untuk mendapat teman baru.
Ilustrasi/Botswanayouth
Ilustrasi/Botswanayouth

Kabar24.com, JAKARTA- Penggunaan media sosial hampir menjadi kebutuhan yang tak bisa dilepaskan netizen saat ini. Warganet aktif mulai dari sekadar mencurahkan perasaan, berbagi foto dan video hingga bersilaturahmi dengan teman lama juga untuk mendapat teman baru.

Namun, untuk mengizinkan seorang tak dikenal menjadi teman di dunia maya, terlebih melalui akun media sosial ternyata butuh kehati-hatian. Tak hanya itu, perlu dipertimbangkan kembali soal apa saja yang akan dibagi di akun media sosial agar tak menjadi celah bagi pelaku kejahatan seperti yang dilakukan sejumlah penghuni lapas Lowokwaru, Malang, Jatim.

"Pelaku dari dalam sel mempelajari aktivitas akun-akun Facebook. Dari akun-akun Facebook dipelajari mengambil foto milik target kemudian menjadikan foto itu sebagai profile picture akun Whatsapp," jelas Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F. Kurniawan, Selasa (3/4/2017).

Tak hanya foto, pelaku berinisial DD, mantan narapidana yang bebas bersyarat sejak 4 September lalu akibat terlibat perkara penipuan juga mengambil nomor telepon yang dibagikan target di akun media sosialnya.

Tak lupa, pelaku juga mempelajari foto-foto di akun media sosial korban, khususnya foto dengan keluarga.

Dengan bermodalkan nomor dan foto dari akun Facebook, pelaku kemudian berpura-pura menjadi anggota keluarga dan meminta sejumlah uang.

Dalam melakukan aksinya berkomunikasi dengan korban, DD dibantu tersangka AG yang saat ini sedang menjalani hukuman penjara terkait pudana penipuan.

Aksi mereka juga didukung RR, RB, dan LL yang menyediakan rekening untuk menampung dana hasil tindak penipuan. Ketiganya juga naralidana di lapas yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper