Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebelum Membeli, Cek Dulu Tip Membeli Mobil Berikut

Membeli mobil adalah pengeluaran terbesar kedua setelah rumah. Artinya, keputusan membeli mobil termasuk menjadi hal yang sangat penting untuk diperhitungkan.
Mobil Elektrik Konsep Concept EQ. /Mercedes Benz
Mobil Elektrik Konsep Concept EQ. /Mercedes Benz

Bisnis.com, JAKARTA - Membeli mobil adalah pengeluaran terbesar kedua setelah rumah. Artinya, keputusan membeli mobil termasuk menjadi hal yang sangat penting untuk diperhitungkan.

Dikutip dari Reuters, Jumat (6/10/2017), perencana keuangan di Huntington Beach, California Rick Kagawa membagikan tip bagi Anda yang hendak membeli mobil.

Pertama, berbelanjalah secara online. Beberapa portal e-commerce atau marketplace di Indonesia dapat memberikan Anda kemudahan untuk menentukan pilihan Anda. Dengan berbelanja online, Anda berkesempatan untuk memilih tipe mobil dengan pemikiran yang lebih terbuka.

Jika Anda pergi ke dealer mobil, maka para sales dealer tersebut cenderung akan agresif dan Anda akan menjumpai kondisi hard selling yang sangat menggangu privasi. Namun, jangan terburu-buru ketika Anda menemukan harga yang sangat miring, karena bisa jadi mereka mengenakan biaya untuk jasa penjualan.

Kedua, bersabarlah. Para sales mobil memang akan sangat agresif untuk menawarkan harga diskon. Jangan pernah mengatakan pada mereka bahwa Anda butuh mobil, sekalipun Anda benar-benar membutuhkan mobil hari itu juga karena mobil Anda baru saja tenggelam ditelan banjir.

"Katakan Anda butuh 6 bulan lagi. Anda bisa mengatakan bahwa Anda masih melakukan riset awal dan tengag mempertimbangkan beberapa merek mobil lain," katanya.

Ketiga, jangan menggeser bujet Anda. Bagi perencana keuangan Michelle Buonincontri, manajemen anggaran adalah bagian utama dari pelayanannya. Banyak kliennya adalah wanita lajang yang baru saja bercerai dan baru ingin membeli mobil.

Buonincontri menunjukkan kepada mereka bagaimana mengkaji ulang kredit mereka, suku bunga toko dan asuransi dan secara umum, untuk memahami biaya sebenarnya dari kepemilikan kendaraan. Mereka cenderung sangat buru-buru dalam memutuskan pembelanjaan uangnya.

Pengalamannya membeli mobil bekas dengan bujet US$8.000 juga membuatnya tegas kepada para sales mobil untuk tidak membuang waktunya untuk menawarkan mobil dengan harga di atas.

"Tentu mereka akan menunjukkan mobil dengan harga sekitar US$12.000. Sales itu bolak-balik menanyakan harga yang pas kepada manajernya. Saya katakan, kalau tidak oke, saya pergi," katanya.

Akhirnya, seminggu kemudian sales tersebut menawarkan Honda Accord dengan harga sesuai dengan bujetnya, bahkan sudah termasuk biaya pajak dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper