Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilgub Jatim 2018: PDIP Usung Siapa? Tunggu 3 Hari Lagi

Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan belum mengambil keputusan terkait dengan pencalonan gubernur pada pemilihan kepala daerah (Pilkada0 Jawa Timur 2018.
Hendrawan Supratikno, anggota Fraksi PDIP yang juga merupakan anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR. /Antara
Hendrawan Supratikno, anggota Fraksi PDIP yang juga merupakan anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR. /Antara

Kabar24.com, JAKARTA — Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan belum mengambil keputusan terkait dengan pencalonan gubernur pada pemilihan kepala daerah (Pilkada0 Jawa Timur 2018.

Bahkan, partai berlambang banteng moncong putih itu tidak menjamin Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf bakal diusung. Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sudah resmi diusung oleh Partai Kebangkitan bangsa (PKB).

Ketua DPP PDIP Bidang Perekonomian Hendrawan Supratikno meminta nama-nama yang telah mengikuti penjaringan cagub maupun cawagub partainya untuk bersabar. Menurutnya, peluang mereka untuk direkomendasikan masih sama besar.

“Kita tunggu tanggal mainnya 15 Oktober nanti. Semua masuk penjaringan. Tinggal dicari pasangan yang pas, klop, ‘krek’, muter, jalan,” katanya ketika dikonfirmasi Bisnis.com, Kamis (12/10/2017).

Hendrawan menjelaskan ketentuan itu berlaku pula untuk Saifullah Yusuf atau Gus Ipul yang ramai diberitakan bakal diusung sebagai calon Jatim-1. Begitu pula nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang meski tidak ikut penjaringan masih berpeluang diusung dari jalur kader.

Menurut Hendrawan, politik tidak mengenal prinsip kepastian seperti halnya ilmu matematika. Alhasil, dia meminta jangan sampai kandidat calon terlalu percaya diri.

“Politisi yang piawai itu punya kerendahan hati dan sense of timing atau tahu psikologi waktu,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Wakil Sekretaris Jenderal PKB Daniel Johan memastikan partainya mengusung Gus Ipul sebagai cagub setelah resmi mendapatkan rekomendasi, Rabu (11/10/2017) kemarin. Selanjutnya, PKB tinggal menunggu kepastian nama cawagub mitra koalisinya.

“Insya Allah, cawagub Gus Ipul dari PDIP,” katanya ketika dikonfirmasi Bisnis.com, Kamis.

Meski demikian, Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat ini mengaku partainya belum mendapatkan undangan untuk menghadiri pengumuman rekomendasi cagub/cawagub Jatim dari PDIP pada 15 Oktober di Jakarta. “Mungkin komunikasinya dengan Dewan Pimpinan Wilayah PKB Jatim.”

Bila PDIP mengajukan Gus Ipul, sejumlah nama kader telah disiapkan sebagai cawagub. Mereka a.l. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, dan Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper