7 Obat Alami Radang Sendi

Oleh: Nancy Junita 13 Oktober 2017 | 07:39 WIB
7 Obat Alami Radang Sendi
Kunyit/safebee.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh SRL Diagnostics, diagnostik terkemuka telah membawa fakta mengejutkan tentang radang sendi (artritis).

Dikutip dari laman ww.boldsky.com, Kamis (12/10/2017), laporan penelitian itu menyebut, bahwa bahwa prevalensi radang sendi meningkat di kalangan wanita dibanding pria di India.

Para ahli menyarankan hal terpenting untuk mengatasi radang sendi ini adalah menjaga makanan yang Anda makan. Juga, menjaga berat badan. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan meningkatnya risiko radang sendi.

Olahraga teratur, bahkan setengah jam berjalan kaki atau jogging setiap hari adalah suatu keharusan untuk menjaga agar tetap bugar dan mengurangi risiko artritis. Gejala dari radang sendi antara lain kelelahan, nyeri sendi disertai pembengkakan, kemerahan atau kekakuan.

Berikut 7 bahan alami untuk meredakan radang sendi:

1. Kunyit
Kunyit mengandung kurkumin, yang dianggap sebagai salah satu bahan antiinflamasi terbaik yang membantu memerangi peradangan dan meredakan nyeri artritis. Sedikit kunyit dapat ditambahkan ke makanan, atau bisa juga menambahkan satu sendok teh kunyit ke susu hangat, campurkan dengan baik lalu konsumsilah sebelum tidur.

2. Bawang putih
Bawang putih termasuk dalam keluarga allium. Kelompok makanan ini mengandung senyawa yang disebut diallyl disulfide, yang membantu mencegah kerusakan tulang rawan, sehingga mengurangi risiko artritis juga.

3. Brokoli
Sayuran, terutama yang mengandung senyawa sulforaphane membantu memperlambat kerusakan tulang rawan pada persendian. Menambahkan brokoli ke makanan Anda dalam bentuk matang atau mentah dalam bentuk salad membantu mengurangi risiko artritis.

4. Ikan kaya omega-3
Ikan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon dan tuna sangat baik untuk kesehatan. Ini membantu melawan peradangan dan juga mengurangi risiko artritis.

5. Buah kaya vitamin C
Buah seperti kiwi, stroberi dan nanas kaya vitamin C. Antioksidan yang terkandung dalam vitamin C membantu memperlambat perkembangan artritis. Tambahkan buah kaya vitamin C ke menu harian untuk membantu mencegah risiko artritis.

6.Kacang-kacangan
Kaya akan serat dan lemak sehat, kacang-kacangan seperti kacang almond dan kenari juga merupakan sumber antioksidan dan vitamin E. Kacang ini membantu mencegah peradangan dan mengurangi risiko artritis.

7. Biji rami
Biji rami mengandung asam lemak omega-3 anti-inflamasi. Ini membantu menurunkan risiko radang sendi. Anda bisa menambahkan biji rami ke dalam salad dan sereal, atau mencampurnya dengan yogurt.

 

Sumber : www.boldsky.com

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya