Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Peta Pertarungan Pilgub Kalbar 2018

Milton Cosby dianggap sebagai kandidat kuat dalam Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat berdasarkan survei terakhir Indonesia Development Monitoring atau IDM.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Milton Crosby dianggap sebagai kandidat kuat dalam Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat berdasarkan survei terakhir Indonesia Development Monitoring atau IDM.

Direktur Eksekutif IDM, Fahmi Hafel menjelaskan bahwa survei kali ini menggunakan responden sebanyak 2317 orang dari tiga kota dan 11 kabupaten di Kalimantan Barat mengunakan metode multistage random sampling. Dengan Tingkat Kepercayaan 95% dan Margin of error sebesar kurang lebih 2,04%.

"Survei ini dilakukan sejak 24 September hingga 4 Oktober 2017 dengan tokoh yang diuji diantaranya adalah Bupati Mempawah Ria Norsan, Walikota Pontianak Sutarmidji, Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, Bupati Kayong Utara Hildi Hamid, dan Mantan Bupati Landak Adrianus Asia Sidot," katanya, Sabtu (14/10/2017).

"Selain itu ada pula Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalbar Kartius, anggota DPR dapil Kalbar Lasarus, mantan Bupati Sintang Milton Crosby dan Bupati Landak yang juga anak Gubernur Petahana Cornelis, Karolin Margaret Natasya,".

Dalam survei tersebut, lanjutnya, Milton Crosby dianggap tokoh yang paling mampu dan diterima oleh masyarakat Kalimantan Barat sebagai tokoh untuk menggantikan Cornelis.

"Hal ini teruji dengan pendapat 89,4% responden dalam survei yang menyatakan Milton Crosby punya prestasi memuaskan selama memimpin Kabupaten Sintang dan dekat dengan masyarakat," katanya.

Posisi kedua ditempati Ria Norsan dengan 75,7%, lalu Lasarus 74,7%, Hildi Hamid 73,6%, Sutarmidji 70,6%, Adrianus Sidot 70,4%, Karolin 68,7%, Suryadman Gidot 68,3%, dan Kartius 67,7%.

"Tingginya penilaian masyarakat terhadap Milton yang dianggap mampu dan cakap memimpin Kalbar karena selama ia menjabat sebagai Bupati Sintang, terbukti Sintang adalah kabupaten dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi dan pengurangan kemiskinan di atas rata-rata provinsi Kalimantan Barat. Hal ini sesuai dengan Analisis Pembangunan Wilayah Provinsi Kalimantan Barat 2015 yang dikeluarkan BPS," ungkap Fahmi.

Sementara itu, dia menilai, Ria Norsan dengan segudang prestasi selama memimpin Mempawah bisa jadi saingan terberat Milton Crosby dalam Pilgub Kalbar nanti.

Lanjutnya, ketika ditanya secara spontan pada responden soal siapa yang akan dipilih pada Pilgub Kalbar nanti, jawaban yang didapat sebanyak 25,8% dari 2317 responden memilih Milton Crosby. Lalu di urutan kedua Ria Norsan dipilih sebanyak 14,4%, Hildi Hamid 12,8%, Sutarmidji 11,3%, Lasarus 10,3% dan Suryadman Gidot 3,3%.

"Adapun Kartius 2,2%, Adrianus Sidot 3,1%, serta Putri Gubernur Kalimantan Barat Karolin hanya dipilih oleh 8,2% responden. Sedangkan yang tidak memberikan jawaban sebanyak 8,6%," ujarnya.

Dia pun menjelaskan bahwa masyarakat Kalbar menilai dan merasakan buruknya kinerja Pemprov Kalimantan Barat yang dipimpin Cornelis selama 10 tahun belakangan ini.

"Hal ini yang menyebabkan masyarakat menilai Karolin memiliki tingkat akseptabilitas dan kapabilitas yang rendah untuk memimpin Kalbar," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper