Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Sektor Pertanian September 2017 Tergerus

Ekspor produk pertanian RI pada September 2017 turun dibandingkan dengan Agustus 2017 hingga mencapai dua digit.mil
Kakao./.
Kakao./.

Bisnis.com, JAKARTA — Ekspor produk pertanian RI pada September 2017 turun dibandingkan dengan Agustus 2017 hingga mencapai dua digit.mil

Kepala Badan Pusat Statistik Suhariyanto menjelaskan nilai ekspor sektor pertanian pada September 2017 turun 17,39% dibandingan dengan bulan lalu. Nilai ekspor tercatat US$0,31 miliar.

Adapun produk-produk yang tercatat mengalami penurunan secara month to month antar lain komoditas kopi, tanaman obat dan aromatik, serta biji kakao. Secara year on year, ekspor sektor pertanian mengalami penurunan 9,02%.

Beberapa komoditas pertanian yang termasuk ke dalam kategori ekspor nonmigas berkontribusi terhadap turunnya nilai ekspor September 2017.

“Pada September 2017, komoditas nonmigas yang mengalami penurunan antara lain kopra, kayu, dan jagung,” ujarnya di Kantor BPS, Senin (16/10/2017).

BPS mencatat neraca perdagangan RI pada September 2017 mencatatkan surplus US$1,76 miliar. Jumlah itu lebih besar dibandingkan dengan Agustus 2017 sebesar US$1,72 miliar.

Ekonom Center Of Reform Economics (CORE) Mohammad Faisal sebelumnya telah memprediksi tren surplus neraca perdagangan Indonesia akan kembali berada di atas US$1 miliar. Pasalnya, penurunan yang terjadi pada periode sebelumnya disebabkan meningkatnya impor barang konsumsi untuk pemenuhan kebutuhan Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper