ILUNI UI Gelar Operasi Katarak Gratis di Tiga Lokasi di Kaltim

Ikatan Alumni Universitas Indonesia wilayah Kalimantan Timur (ILUNI UI Kaltim) menggelar road show dalam mendukung pemberantasan katarak melalui program Operasi Katarak Gratis di 3 lokasi, Provinsi Kaltim.
Pengurus ILUNI UI Kaltim beserta para pihak penyelenggara dari RSUD IA Moeis, PERDAMI, Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim foto bersama saat pembukaan acara Bakti Sosial Operasi Katarak, di RSUD IA Moeis, Samarinda (15/10) / ILUNI UI
Pengurus ILUNI UI Kaltim beserta para pihak penyelenggara dari RSUD IA Moeis, PERDAMI, Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim foto bersama saat pembukaan acara Bakti Sosial Operasi Katarak, di RSUD IA Moeis, Samarinda (15/10) / ILUNI UI

Bisnis.com, SAMARINDA - Ikatan Alumni Universitas Indonesia wilayah Kalimantan Timur (ILUNI UI Kaltim) menggelar road show dalam mendukung pemberantasan katarak melalui program Operasi Katarak Gratis di 3 lokasi, Provinsi Kaltim.

Kegiatan ini dimulai di RSUD Inche Abdoel Moeis, Samarinda tanggal 15 Oktober 2017 dilanjutkan dengan Puskesmas Muara Bengkal Kabupaten Kutai Timur (28-29 Oktober 2017) dan Puskesmas Sanga-Sanga (11-12 November 2017).

“Total lebih dari 120 orang dari masyarakat kurang mampu yang direkomendasikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim dan PERDAMI (Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia) Kaltim akan mendapatkan operasi katarak maupun perawatan paska operasi secara gratis,” jelas Ketua ILUNI UI wilayah Kaltim Sabri Ramdhany.

Sabri menyatakan salah satu aspek penting dalam pembangunan Sumber Daya Manusia adalah aspek kesehatan masyarakat dan bahwa salah satu faktor penunjang produktivitas pembangunan adalah masyarakat yang sehat.

“Program ini adalah bentuk aksi nyata untuk masyarakat, sebagai bakti ILUNI UI bagi Bumi Etam,” jelas Sabri.

Sementara menurut Ketua Community Development Center ILUNI UI, Irvan Toreza mengatakan kegiatan ini akan menjadi awal dari kegiatan operasi katarak di daerah lainnya. Dan, Sumatera akan menjadi daerah berikutnya untuk pelaksanaan bakti sosial tersebut.

“ILUNI UI berharap operasi katarak ini mendukung peningkatan kesehatan sehingga produktivitas masyarakat Kaltim juga akan naik,” kata Irvan.

Data Dinkes Kalimantan Timur menyebutkan, penderita katarak mencapai angka 81.316 orang (Dinkes, 2015). Sementara jumlah operasi yang dilakukan pada tahun 2016 sebanyak 10.156 tindakan.

Katarak adalah penyebab utama kebutaan di dunia. Penyakit ini umumnya ditemukan pada orang-orang lanjut usia. Melalui operasi katarak, penderita diharapkan akan mendapatkan peningkatan kondisi penglihatan yang signifikan dengan waktu pemulihan sangat singkat.

Setelah menjalani operasi, penglihatan penderita bisa kembali normal sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari tanpa mengalami kesulitan. Operasi katarak secara gratis ini terselenggara atas kerjasama ILUNI UI dengan Pollux Habibie Vision, PERDAMI Kaltim dan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Yamin
Editor : Nur El Fathi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper