Dukung Transportasi Online, Wali Kota Balikpapan Tuai Pujian dari Netizen

Netizen mengapresiasi tindakan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam menyikapi isu pelarangan operasional transportasi angkutan online.
Aplikasi taksi daring, Grab/Antara
Aplikasi taksi daring, Grab/Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Netizen mengapresiasi tindakan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam menyikapi isu pelarangan operasional transportasi angkutan online.

Alih-alih melarang operasional transportasi online, melalui akun Instagramnya, Rizal menenangkan kekisruhan warga kota minyak yang memprotes pemberhentian transportasi online yang sebelumnya ditetapkan oleh Dinas Perhubungan Balikpapan.

Dia mengunggah foto yang disertai dengan lima poin dukungan dan sikap yang diambil oleh Pemkot Balikpapan atas keresahan masyarakat pasca pemberhentian transportasi online.

"Saya mendukung aspirasi warga Balikpapan agar mendapatkan angkutan umum yang nyaman dan aman, baik itu konvensional ataupun online," tulis Rizal pada salah satu unggahannya belum lama ini.

Dia menekankan bahwa pemberhentian operasional transportasi umum bukanlah kewenangan pemerintah kota, melainkan kewenangan pemerintah pusat

Rizal juga menyampaikan bahwa pihaknya memberi kesempatan kepada pengemudi transportasi online untuk memenuhi persyaratan operasional hingga 4 November.

"Alhamdulillah saat ini sudah ada operator transportasi online yang mengurus perizinan di pemerintah. Dishub juga akan memanggil operator yang belum mengurus. Jika ini bisa dilaksanakan, pemerintah siap menjamin keamanan dan kenyamanan mereka," lanjut Rizal.

Tindakan Rizal ini menuai pujian netizen, khususnya yang bermukim di kota minyak. Beberapa akun menyampaikan pujian dan rasa terimakasihnya kepada Rizal.

"Ini baru pemimpin yang peka dengan kebutuhan warganya. Salut, pak!" ujar akun bernama @andresflo7. Beberapa akun lain mengunggah komentar dengan nada serupa.

Hingga saat ini, unggahan wali kota Balikpapan itu disukai oleh 800 lebih pengguna Instagram dan dibanjiri komentar berisi pujian. Sesuai dengan pernyataan Rizal, transportasi online tetap beroperasi, sejalan dengan pelengkapan perizinan hingga 4 November mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper