Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Heboh #Pribumi, Fahri Hamzah Sarankan Anies Tiru Ahok

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyarankan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meniru mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dalam berpidato.
Fahri Hamzah/Antara
Fahri Hamzah/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyarankan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meniru mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dalam berpidato.

Menurut Fahri sebagai seorang pemimpin kota besar, Anies seharusnya berbicara lebih banyak soal teknis program kerjanya.

“Dalam hal ini, ikut Ahok-lah, bener Ahok ini, teknis saja, bahkan enggak usah banyak ngomong. Teknis saja,” kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Fahri meminta Anies meyakinkan warga tentang program kerja yang akan dia lakukan. Menurut dia, Anies harus rajin berkeliling kota untuk melihat permasalahan.

“Yak‎inkan orang (mau) bikin ini, bersihkan ini, bersihkan itu. Itu aja kerjaannya, mondar-mandir. Jangan banyak pidato, nanti jadi macam-macam,” kata Fahri.

Pidato perdana Anies menjadi pembicaraan lantaran ia menyinggung tentang pribumi. Masyarakat menilai penggunaan kata itu bisa berujung pada sentimen suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Mengenai hal itu, Fahri juga mengkritik masyarakat yang menyerang Anies karena pidatonya itu. Menurut dia, seharusnya tidak perlu ada yang tersinggung dengan istilah pribumi.

Ia menjelaskan, kata pribumi merupakan istilah dalam sejarah perjuangan bangsa melawan penjajah. Adapun untuk saat ini, Fahri menilai frasa pribumi cocok bila dikaitkan dengan perjuangan melawan penguasaan negara dari para pemilik modal besar yang datang.

“Kita semua pribumi kalau menghadapi kolonialisme dari modal-modal besar yang datang ke Indonesia, mengatur, mengambil tanah-tanah strategis, mengontrol pelayanan publik. Jadi kita mengatakan pribumi harus melawan mereka. Ya, enggak apa-apa, enggak usah tersinggung, itu diri kita sendiri kok,” tuturnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper